News
Kamis, 2 Februari 2012 - 07:19 WIB

KEMUDAHAN INVESTASI: Persyaratan Lengkap, Pemkot Jamin Prosedur Perizinan Mudah

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO – Terkait posisi Solo yang sukses menduduki posisi ketiga dalam kemudahan investasi dalam hasil survei Doing Business oleh Bank Dunia, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPMPT) Kota Solo, Pujo Hariyanto, menyatakan Pemkot tidak akan mempersulit investasi yang akan masuk ke Solo.
Advertisement

Ditegaskannya, asal persyaratan lengkap dan sesuai dengan koridor ketentuan pengembangan kota, proses perizinan akan berjalan lancar. Tahun 2011, kata Pujo, BPMPT mencetak sekitar 9.011 dokumen perijinan. Ada beberapa jenis perijinan yang mencatat angka realisasi tertinggi. Seperti, ijin mendirikan bangunan (IMB), Pemkot Solo mencetak 1.168 dokumen. Kemudian, Ijin Usaha Perdagangan (IUP) sebanyak 1.763 dokumen, tanda daftar perusahaan (TDP) sebanyak 1.675 dokumen dan ijin gangguan (HO) sebanyak 1.456 dokumen.

“Kami menjanjikan kemudahan bagi investor untuk membuka investasi dan usaha di Solo. Memang, saat ini kami berupaya untuk lebih mengembangkan Solo wilayah utara. Investasi besar, seperti mal, hotel dan industri mulai diarahkan ke Solo utara,” ujar Pujo.

Soal kemudahan, pihaknya pun mengatakan ada beberapa jenis perijinan yang bisa selesai satu hari atau tiga hari, asal secara normatif persyaratan itu terpenuhi. “Ada juga yang gratis atau bebas biaya,” kata Pujo. BPMPT, lanjut dia, juga memiliki layanan SMS Gateway di nomor 081391910000 yang bisa dimanfaatkan investor untuk memonitor status proses perijinan termasuk konsultasi persyaratan perijinan.

Advertisement

“Ke depan, kami akan mengembangkan website terkait layanan-layanan perijinan dan investasi yang saat ini sudah dilaksanakan di satu pintu. Website itu juga akan memuat potensi investasi yang ada di Kota Solo,” tandasnya.

JIBI/SOLOPOS/Hijriyah Al Wakhidah

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif