News
Kamis, 26 Januari 2012 - 18:21 WIB

ORGAN ILEGAL: Beli Ginjal Dari Mafia, Dokter Disidangkan

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (www.demenvironequity.net/kidney-transplant.htm)

Ilustrasi (www.demenvironequity.net/kidney-transplant.htm)

TOKYO – Pengadilan di Jepang menyidangkan seorang dokter, Toshinobu Horiuchi, 56, yang didakwa membeli ginjal dengan harga US$100.000 dari sebuah mafia. Ginjal tersebut berasal dari seseorang yang mempunyai utang kepada organisasi kriminal itu.
Advertisement

Diberitakan pada Kamis (26/1/2012), dalam persidangan di pengadilan distrik Tokyo disebutkan Toshinobu membayar delapan juta Yen atau sekitar US$100.000 untuk mendapatkan organ tersebut. Hakim Atsuo Wakzono mengatakan pembelian ginjal itu sebagai merusak prinsip keadilan dalam transplantasi organ. Toshinobu akhirnya dikenai hukuman penjara selama tiga tahun. “Ini adalah kejahatan perorangan yang dilakukan oleh seorang dokter dengan menggunakan kekuatan uang. Tidak ada grasi untuk hal itu,” kata Atsuo Wakzono.

Sebanyak enam orang lainnya, termasuk istri tua Toshinobu, Noriko, 48, juga dijatuhi hukuman atas perbuatannya dalam pembelian organ yang berasal dari lelaki yang berumur 21 tahun itu. Pada sidang pengadilan itu juga terungkap sebelumnya Toshinobu sukses melakukan transplantasi, namun praktik ilegal itu baru terungkap setelah Toshinobu gagal membeli ginjal seharga 10 juta Yen. Kesepakatan itu gagal dan Toshinobu kehilangan uangnya saat dia dan mafia tidak mencapai kata sepakat dalam perjanjian itu.

Hukum di Jepang melarang pembelian organ tubuh. Aturan kesehatan di Jepang hanya mengizinkan transplantasi organ boleh dilakukan oleh anggota keluarga. Saat ini, sedikitnya 13.000 orang sedang menunggu transplantasi di Jepang. Setiap tahunnya biasanya hanya diperkenankan 300 operasi transplantasi. Hal itu terjadi karena ketatnya peraturan dan rendahnya kesadaran masyarakat mengenai hal itu.

Advertisement

JIBI/SOLOPOS/Ant

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif