Soloraya
Jumat, 20 Januari 2012 - 05:48 WIB

Sebaran 10.000 Apem Keong Mas Hari Ini Digelar

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BOYOLALI–Sebanyak 10.000 apem akan disebar dalam event budaya sebaran apem Keong Mas di Pengging, Banyudono pada Jumat (20/1) ini. Gelaran ini diselenggarakan oleh Pemkab Boyolali melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Boyolali tepatnya di depan masjid Cipto Mulyo Pengging, Bendan, Banyudono.

“Dalam even budaya sebaran apem nanti akan disebar 10.000 apem Keong Mas. Jumlah sebanyak itu berasal  dari panitia dan dari desa di wilayah  Kecamatan Banyudono,” terang Kasubag Humas Setda Boyolali, Warsono saat ditemui wartawan, Kamis (19/1/2012).

Advertisement

Ditambahkan, setiap desa dijatah apem keong Mas sebanyak  500 apem. Acara tradisi sebaran apem Keong Mas  diawali dengan     tahlilan malam Jumat Pon di masjid Cipto Mulyo, Pengging. Gelaran  dilanjutkan  kenduri di Makam Ki Ageng Yosodipuro dengan  melibatkan  Pengurus Masjid, panitia dan tokoh masyarakat sekitar Pengging Banyudono.

Sementara Jumat siang, kirab  Apem Keong Mas dari  SDN Ngaru- aru  ke halaman  masjid Cipto Mulyo Pengging. “Kegiatan ini berlangsung turun-temurun sejak nenek moyang  untuk memberi rasa syukur atas karunia yang diberikan Tuhan Yang maha Esa,” pungkasnya.

(JIBI/SOLOPOS/Farida Trisnaningtyas)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif