Jogja
Selasa, 17 Januari 2012 - 16:28 WIB

Peminat Sekda GK Mulai 'Sowan' Pimwan

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

GUNUNGKIDUL—Kursi kosong Sekda Gunungkidul terus diincar beberapa pejabat lain. Empat pimpinan dewan (pimwan) DPRD mengaku mulai ‘disowani’ salah satu pejabat untuk meminta restu kemungkinan turut diajukan sebagai kandidat Sekda yang akan disampaikan kepada Gubernur DIY.

Advertisement

“Sudah ada yang mendatangi seluruh pimpinan dewan, termasuk saya. Tapi sepertinya pejabat itu tidak tahu kalau dewan sebenarnya tidak memiliki kewenangan itu. Itu kewenangan penuh kepala daerah dan kami tidak akan intervensi,” kata Ketua DPRD Ratno Pintoyo kepada Harian Jogja, Selasa (17/1).

Sayangnya, Ratno tidak mau menjelaskan siapa nama pejabat eselon yang datang ke empat pimpinan secara bergiliran tersebut karena mengaku tidak enak. Kedatangan salah satu pejabat di rumah dinas beberapa waktu lalu dinilai cukup janggal. Ratno merasa tak biasanya didatangi pejabat pemkab untuk urusan bincang-bincang menyangkut pentingnya sinergitas dan kemitraan yang harus dibangun anatar Pemkab dan DPRD.

“Jadi malah sedikit unik. Tiba-tiba datang ngajak bincang-bincang siap menjalin kerja sama dalam pemerintahan. Ternyata itu bukan hanya dengan saya tapi juga datang ke pimpinan dewan yang lain. Silahkan di cek saja,” paparnya sambil tersenyum.

Advertisement

Saat dimintai pendapat, Sekretaris DPRD Tujuh Priyono mengatakan jabatan stretegis Sekda yang juga ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sangat menentukan kemitraan pemerintahan antara legislatif dan eksekutif. Suasana lebih dekat dan lebih ‘segar’ antara Pemkab dan DPRD sangat menentukan kelancaran kinerja kedua belah pihak.

“Kalau saya melihat sekda perlu lebih komunikatif dengan dewan agar terbangun suasana yang kondusif dalam bekerja. Soalnya sosoknya kewenangan kepala daerah,” ungkap Tujuh.(Harian Jogja/Endro Guntoro)  

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Dprd Gunungkidul Pimwan Sekda
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif