Soloraya
Minggu, 6 Februari 2011 - 16:15 WIB

Batu 80 m3 tutup badan jalan Wonogiri-Pacitan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)--Sebuah batu berukuran sekitar 80 meter kubik (m3) menutup hampir separuh badan jalan Wonogiri-Pacitan, sejak Minggu (6/2) dini hari. Batu besar itu menggelinding dari ketinggian delapan meter di lereng Gunung Pegat, Desa Ngadiroyo, Nguntoronadi, Wonogiri.

Pantauan Espos, Minggu siang keberadaan batu itu tidak sampai menimbulkan kemacetan lalu lintas. Namun laju kendaraan baik dari arah Wonogiri maupun Pacitan dan Baturetno agak tersendat karena jalan hanya bisa difungsikan satu jalur secara bergiliran dari kedua arah.

Advertisement

Petugas dari Polsek dan Koramil Nguntoronadi serta dari Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Jateng wilayah Surakarta masih terus berjaga di lokasi. Sementara sekitar sembilan pemecah batu sudah dikerahkan untuk memecahkan batu berdimensi panjang 4 meter, lebar 4 meter dan tinggi 5 meter itu.

Staf BPT Bina Marga, Sugiyanto, yang saat itu berada di lokasi mengungkapkan batu besar itu menggelinding dari lereng Gunung Pegat sekitar pukul 00.15 WIB, Minggu. “Kami mendapat informasi dari petugas Polsek yang menelepon ke kantor kami. Saat itu juga kami langsung menuju ke sini dan bersama personel dari Koramil dibantu warga, kami bergotong-royong membersihkan dahan-dahan pohon yang melintang menutup seluruh badan jalan,” jelas Sugiyanto.

Dalam waktu satu jam, jalan berhasil dibersihkan dari batang pohon yang ikut runtuh bersama batu, sehingga tidak sampai mengakibatkan kemacetan di pagi harinya. Namun, menyingkirkan batu besar itu bukanlah perkara mudah. Batu sebesar itu tidak mungkin dipindahkan menggunakan alat berat. Maka dikerahkanlah tukang pemecah batu.

Advertisement

Sugiyanto memperkirakan jika cuaca cerah batu itu akan berhasil dipecahkan dalam 2-3 hari. Terpisah, Camat Nguntoronadi, Slameto Sudibyo mengungkapkan sudah melaporkan peristiwa tersebut ke Pemkab Wonogiri dan pihak-pihak terkait lainnya untuk segera ditangani.

shs

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Jalan Wonogiri-Pacitan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif