Soloraya
Selasa, 4 Oktober 2011 - 12:01 WIB

Cincin matahari kejutkan warga Solo

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fenomena alam, cincin matahari terlihat di Kota Solo, Selasa siang (4/10/2011). (Solopos.Is Arinyanto)

Fenomena alam, cincin matahari terlihat di Kota Solo, Selasa siang (4/10/2011). (Solopos.Is Arinyanto)

Solo (Solopos.com)–Fenomena alam berupa lingkaran seperti cincin yang mengitari matahri, terlihat di wilayah Solo dan sekitarnya, Selasa (4/10/2011).

Advertisement

Sejumlah warga dari berbagai kalangan mencoba mengabadikan fenomena alam tersebut dengan kamera digital dan handphone.

“Fenomena alam seperti ini pernah terlihat beberapa tahun lalu di Kota Solo, namun waktu itu tidak sempat saya abadikan. Kali ini saya tidak ingin ketinggalan dengan yang lain untuk mengambil gambar fenomena alam ini dengan kamera digital,” ujar Yanto, warga Kratonan, Solo, Selasa (4/10/2011).

Sementara ada beberapa warga yang mencoba melihat langsung dengan mata telanjang. Mereka menggunakan kaca helm untuk menahan pancaran sinar matahari agar bisa melihat jelas.

Advertisement

Terpisah Dr Taswanda Taryo MSc Eng (Nuclear Science and Technology) Batan, kepada Espos, di UNS mengungkapkan, fenomena alam itu merupakan bagian dari gerhana matahari.

“Itu bagian dari gerhana matahari, jika dilihat dari bawah seperti cincin. Ini bisa terjadi karena setiap hari terjadi gerhana matahari di dunia ini di tempat yang berbeda-beda. Peristiwa seperti ini bisa terjadi lagi di tempat yang sama setelah 200 tahun,” jelasnya. rif/nad

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Cincin Matahari Kota Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif