Teknologi
Senin, 6 Mei 2024 - 16:44 WIB

Fitur-fitur di Google Maps yang Penting Kamu Ketahui

Redaksi Solopos.com  /  Akhmad Ludiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Peta lokasi (Google Maps)

Solopos.com, JAKARTA – Salah satu fitur yang terdapat di Google Maps adalah panduan jalan menuju ke suatu tempat. tetapi ternyata ada banyak fitur lain yang penting untuk kamu ketahui.

Google Maps telah menjadi alat navigasi yang tidak tergantikan bagi banyak orang di seluruh dunia. Dengan fitur-fitur canggih yang terus berkembang, Google Maps tidak hanya membantu kita menemukan arah, tetapi juga menemukan tempat-tempat baru, membaca ulasan, dan bahkan memeriksa kualitas udara.

Advertisement

 

Berikut merupakan fitur-fitur terbaik Google Maps yang dapat memudahkan perjalanan Anda:

Advertisement

Berikut merupakan fitur-fitur terbaik Google Maps yang dapat memudahkan perjalanan Anda:

1.Live View untuk Navigasi Pejalan Kaki

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan arah melalui tampilan kamera ponsel Anda. Cukup cari tujuan di Maps dan ikuti petunjuk di layar untuk membantu Maps menemukan lokasi Anda. Ikuti petunjuk di layar untuk membantu Maps menemukan lokasi Anda, dan setelah Maps mengetahui di mana Anda berada, Anda akan mendapatkan petunjuk arah melalui tampilan kamera di layar Anda.

“Ini adalah salah satu fitur yang paling rumit secara teknis untuk diterapkan di Maps, karena mengandalkan citra Street View yang dipadukan dengan AI tercanggih dan teknologi augmented reality,” kata Direktur Manajemen Produk untuk Maps Amanda Leicht Moore.

Advertisement

2. Menemukan Rute yang Lebih Hemat Bahan Bakar

Jika Anda menggunakan Google Maps, ada opsi untuk melihat rute mana yang paling hemat bahan bakar. Mengetuk rute dengan ikon daun akan menunjukkan berapa banyak bahan bakar atau bagi pengemudi kendaraan listrik, berapa banyak energi yang dapat Anda hemat dengan mengambil jalur ramah lingkungan, dan perbedaan waktu antara rute tersebut dan rute yang tercepat.

Fitur ini dilaporkan telah membantu mencegah lebih dari 1,2 juta metrik ton emisi karbon sejak diluncurkan atau setara dengan menghilangkan sekitar 250.000 mobil berbahan bakar dari jalan raya selama setahun.

3. Menambahkan Beberapa Tujuan Tambahan ke Dalam Perjalanan

Saat Anda dalam perjalanan, kemungkinan besar Anda akan berhenti ke suatu tempat sebelum mencapai tujuan akhir seperti mengisi bahan bakar, membeli makanan di restoran atau bahkan menjemput teman Anda. Anda dapat menambahkan beberapa tujuan ke petunjuk arah Anda di Google Maps.

Advertisement

Setelah Anda mencari tujuan pertama Anda, ketuk “Petunjuk Arah” lalu pilih tiga titik di kanan atas. Ketuk “Tambahkan perhentian” dan cari tujuan Anda berikutnya. Ulangi proses ini hingga Anda menambahkan semua perhentian, lalu ketuk “Selesai.” Google Maps akan menghitung rute terbaik antara semua tujuan Anda dan memberi perkiraan waktu tiba. Anda dapat menambahkan hingga 9 perhentian ke rute Anda, mengubah urutan perhentian dengan menyeret dan melepaskannya, menghapus perhentian, dan membagikan petunjuk arah Anda kepada orang lain.

4. Unduh Maps untuk Digunakan Secara Offline

Jika Anda akan melakukan perjalanan ke daerah dengan layanan internet yang buruk, Anda masih bisa mencapai tujuan Anda dengan mengunduh peta untuk digunakan secara offline. Amanda menjelaskan bahwa ini adalah salah satu fitur Maps yang paling banyak diminta. “Ini benar-benar bisa membantu Anda ketika Anda tersesat karena layanan internet yang tidak stabil,” ujarnya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup pilih gambar profil atau ikon inisial Anda di pojok kanan atas layar, lalu ketuk “Peta offline” dan pilih “Pilih peta Anda sendiri”. Setelah memilih area yang ingin Anda akses saat offline, cukup ketuk “Unduh”, dan Anda dapat menggunakan peta tersebut untuk bernavigasi tanpa koneksi internet.

Advertisement

5. Mengetahui Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Suatu Tempat

Anda pasti pernah merencanakan perjalanan ke taman hiburan, mal, atau bahkan restoran dengan harapan tempat tersebut sepi dari pengunjung. Google Maps punya fitur untuk menjawab itu semua. Setelah Anda menelusuri suatu tempat di Google Maps, saat Anda menggulir ke bawah, Anda akan menemukan grafik yang menunjukkan waktu-waktu yang padat pengunjung, menunjukkan seberapa sibuknya tempat tersebut pada waktu yang berbeda dalam sehari. Anda bahkan dapat melihat betapa sibuknya suatu tempat saat ini sehingga Anda dapat menghemat waktu dan menghindari antrean panjang.

Fitur-fitur ini hanyalah sebagian dari apa yang ditawarkan Google Maps untuk membuat hidup Anda sedikit lebih mudah. Dengan terus mengembangkan teknologi dan fitur baru, Google Maps berkomitmen untuk membantu penggunanya menavigasi dunia dengan lebih percaya diri dan efisien.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “5 Fitur Tersembunyi Google Maps yang Jarang Diketahui, Bensin Makin Hemat”

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif