Jogja
Jumat, 26 April 2024 - 20:09 WIB

Dinkes Jogja Catat 70 Orang Terjangkit Flu Singapura, Kenali Gejalanya

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak demam. (Freepik.com)

Solopos.com, JOGJA – Sebanyak 70 orang di Kota Jogja tercatat menderita Flu Singapura sepekan terakhir. Masyarakat tidak perlu panik atas merebaknya virus ini.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Dinas Kesehatan Kota Jogja, Lana Unwanah, mengatakan meski banyak suspek Flu Singapura yang ditemukan di Jogja, namun kasusnya tidak melonjak signifikan. Kejadian ini terbilang hampir merata di seluruh puskesmas.

Advertisement

“Kasus terbanyak ada di Kemantren Ngampilan yaitu sebanyak tujuh kasus,” ujar Lana, Jumat (26/4/2024).

Meski menyentuh angka 70 kasus, Lana mengimbau masyarakat tidak perlu panik. Flu Singapura, lanjutnya, bersifat mudah menular dari satu orang ke orang lain. Kebanyakan diderita oleh anak berusia 10-14 tahun, tapi tak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terkena Flu Singapura.

Lana mengungkapkan penyakit ini memang disebabkan oleh salah satu jenis virus. Namun, dia memastikan virus ini tak seganas virus Covid-19.

Advertisement

“Sekarang ini banyak yang masih terpengaruh Covid padahal virus banyak sekali jumlahnya,” imbuhnya.

Lana mengimbau jika masyarakat merasa ada keluhan segera berobat ke fasyankes terdekat. Beberapa gejala yang perlu diwaspadai di antaranya timbul bercak merah pada kaki, tangan, dan sekitar mulut. Lalu, demam selama satu hingga dua hari, letih, lemah, lesu, tidak nafsu makan, hingga nyeri tenggorokan.

“Penularan melalui sentuhan kulit, kaki, tangan, percikan droplet, dan batuk,” jelasnya.

Advertisement

Jika ada masyarakat yang terindikasi terkena Flu Singapura, maka diharapkan untuk bisa beristirahat atau isolasi selama satu periode masa inkubasi atau selama 5-7 hari.

“Bagi yang belum terkena, sebaiknya tidak kontak, jangan dekat-dekat. Lalu, terapkan PHBS seperti cuci tangan dengan sabun, melakukan aktivitas fisik, dan makan dengan gizi seimbang,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 70 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Jogja, Dinkes: Tidak Perlu Panik

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif