Jogja
Jumat, 3 Mei 2024 - 20:24 WIB

18.726 Peserta Ikuti UTBK-SNBT di UGM, Tes Berlokasi di 14 Titik-Dibagi 2 Sesi

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah peserta melaksanakan ujian UTBK-SNBT di FEB UGM pada Jumat (3/5/2024). (Harian Jogja/Catur Dwi Janati)

Solopos.com, SLEMAN – Sebanyak 18.726 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) di Universitas Gadjah Mada (UGM). Pihak UGM menyiapkan 14 lokasi ujian untuk menampung seluruh peserta yang hadir.

Wakil Rektor Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Wening Udasmoro, mengatakan UTBK-SNBT di UGM digelar selama sepekan dari 30 April hingga 7 Mei 2024. Tes seleksi untuk masuk perguruan tinggi ini diselenggarakan setiap hari dan dibagi dua sesi.

Advertisement

Untuk sesi pertama akan dimulai pukul 06.45 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Sedangkan sesi kedua dimulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB.

“Setiap hari dua sesi kecuali yang hari Jumat, hanya ada satu sesi pagi,” kata dia di Fakultas Ekonomia dan Bisnis UGM, Jumat (3/5/2024).

Advertisement

“Setiap hari dua sesi kecuali yang hari Jumat, hanya ada satu sesi pagi,” kata dia di Fakultas Ekonomia dan Bisnis UGM, Jumat (3/5/2024).

Wening menuturkan total ada 18.726 peserta yang melaksanakan UTBK-SNBT di UGM. Dalam sekali waktu, UGM mampu menampung sebanyak 1.455 peserta ujian yang terbagi di 14 lokasi ujian yang telah disiapkan.

Adapun 14 lokasi ujian tersebut tersebar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Gig, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Gedung Perpustakaan Pusat, Gedung Magister Manajemen FEB UGM dan Sekolah vokasi.

Advertisement

Selama tiga hari pelaksanaan ujian, kata Wening, belum ditemukan kasus joki atau tindak kecurangan. Sementara untuk data peserta yang terlambat, terdapat satu peserta yang terlambat lebih dari 30 menit sehingga gagal mengikuti ujian. Sedangkan peserta yang tidak hadir ada sekitar delapan orang.

“Total yang tidak hadir ada 8 orang. Kadang peserta yang tidak hadir ini sudah diterima kuliah baik di UGM maupun kampus lain,” kata Wening.

Pada tahun ini, UGM akan menerima sebanyak 10.372 mahasiswa baru terdiri dari kuota jalur reguler sebanyak 9.362 orang dan kuota IUP 1.010 orang mahasiswa. Berdasarkan komposisi prosentase mahasiswa baru berdasarkan jalur masuk, UGM menerima sekitar 30% atau 2.821 mahasiswa dari jalur SNBP.

Advertisement

“Selanjutnya untuk jalur SNBT sebesar 30 persen atau 2.824 dan jalur UM UGM sebanyak 40 persen atau 3.720,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Gandes Retno, menambahkan ada beberapa peserta ujian yang semula mendaftar sebagai peserta difabel. Namun setelah diverifikasi beberapa di antaranya ternyata salah melakukan klik pada saat pendaftaran.

“Ada yang netra ada yang daksa. Jumlahnya itu kemarin memang ada beberapa yang klik tetapi sebenarnya tidak difabel, tapi kami verifikasi. Ada 20 yang misalnya tuna daksa tetapi ternyata sebenarnya 17 tidak, hanya kliknya yang salah. Kita verifikasi supaya kita optimal membantu,” tegasnya.

Advertisement

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 18.726 Peserta Bakal Jalani UTBK-SNBT di UGM, 14 Lokasi Ujian Disiapkan

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif