Soloraya
Senin, 7 Maret 2011 - 20:51 WIB

Ribuan liter Miras dimusnahkan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Solopos.com)–Polres se-Soloraya secara terpusat memusnahkan ribuan liter minuman keras (Miras) di halaman Mapolres Klaten, Senin (7/3/2011). Ribuan liter Miras itu disita jajaran Polres Sukoharjo, Polres Boyolali, Polres Wonogiri, Polres Klaten, Polres Sragen, Polres Karanganyar dan Polresta Solo melalui razia yang mereka gelar dalam Operasi Cipta Kondisi selama tiga bulan terakhir.

Polres Klaten selaku tuan rumah pemusnahan barang bukti perdagangan liar Miras itu memberikan andil terbesar karena selama tiga bulan terakhir berhasil menyita 4.900 liter Miras. Polres Wonogiri menempati urutan kedua dengan 1.160 liter, selanjutnya Karanganyar 600 liter, Polresta Solo 446 liter, Sukoharjo 243 liter, Boyolali 173 liter dan Sragen 60 liter.

Advertisement

“Dari kajian kriminologi maupun ajaran agama, minuman keras merupakan sumber dari segala kejahatan,” ujar Kapolres Klaten AKBP Agus Djaka Santosa saat membacakan sambutan tertulis Kapolda Jateng Irjen Pol Edward Aritonang sebelum pemusnahan barang bukti itu dilakukan. Selain perwakilan Polres se-Soloraya, tampak hadir dalam kesempatan itu jajaran Muspida Klaten dan para tokoh agama.

Ditegaskan Kapolda dalam sambutannya itu, Miras bukan sekedar barang haram untuk dikonsumsi namun dapat merusak kesehatan dan membuat pikiran orang yang meminumnya lagi tidak terkontrol. Akibatnya para peminum miras bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan. “Tidak sedikit orang meninggal dunia karena Miras dan dampak negatifnya sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.”

Barang haram itu kebanyakan didapat polisi dari pedagang dan distributor yang menjual Miras secara ilegal. Penyitaan dan pemusnahan Miras itu diharapkan mampu memberikan pesan bahwa pilisi tak pernah segan menindak tegas orang yang mengonsumsi atau turut membantu memasarkan miras.

Advertisement

m89

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Miras Pemusnahan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif