Tajuk
Senin, 26 Desember 2011 - 10:07 WIB

Selamat berlibur di Jogja yang ramah

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Liburan semesteran, libur Natal dan Tahun Baru pada 2011 jatuh bersamaan. Dampaknya positifnya, banyak warga yang memanfaatkannya untuk berwisata sekaligus bersilaturahmi dengan berkunjung ke sanak saudara.

Pada masa liburan seperti inilah Jogja menjadi salah satu tujuan wisata yang dikunjungi wisatawan lokal dari berbagai kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung atau kota-kota di luar Jawa lainnya. Berbagai kekayaan alam, khazanah seni budaya dan kekhasan tradisi Jogja tetap menjadi daya tarik wisatawan.

Advertisement

Tolok ukur antusiasme wisatawan kepada Jogja secara kasat mata bisa dilihat dari berjubelnya pengunjung Malioboro, Pasar Beringharjo, Pantai Parangtritis, Candi Prambanan dan beberapa tempat lainnya. Bahkan sejumlah tempat kuliner seperti angkringan di sejumlah lokasi, bakmi jawa, nasi merah dan kuliner khas lainnya ramai dikunjungi para pendatang.

Bagi warga Jogja kedatangan wisatawan, selalu menjadi berkah karena mereka memberikan peluang ekonomi secara langsung dan tidak langsung bagi masyarakat, entah dari sektor informal maupun formal.

Apalagi, setiap tahunnya tercatat peningkatan cukup signifikan jumlah wisatawan yang datang ke Jogja. Jika pada 2010 jumlah wisatawan ditargetkan 1,4 juta orang wisatawan nusantara dan 170.000 wisatawan mancanegara, dengan total tercapai mencapai lebih dari 1,6 juta wisatawan, maka pada 2011 ini target sebanyak 1,8 juta orang wisatawan diperkirakan akan terpenuhi.

Advertisement

Kedatangan wisatawan menjadi tantangan bagi semua pihak. Jogja belum tentu bisa setiap tahun membuka objek wisata baru yang digemari para tamu. Yang bisa dilakukan adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada wisatawan, agar mereka selalu menemukan sesuatu yang baru saat berkunjung ke Jogja. Kemasan yang menarik pada suguhan di sejumlah objek wisata, baik alam, seni budaya maupun kuliner, menjadi kunci bagaimana mereka akan datang lagi pada musim liburan mendatang.

Ini yang semakin dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat, dengan masing-masing berperan pada upaya memberi kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung. Peran itu bisa dimulai dengan menjaga kebersihan, memberikan sambutan yang hangat penuh keramahan yang diharapkan akan memberi kesan yang baik tentang citra Jogja sebagai Kota yang mengasyikkan dengan penduduknya yang ramah tamah.

Dan tentunya bagi Anda para tamu yang sedang berkunjung di Jogja, silakan menikmati Jogja dengan segala kelebihannya sebagai Kota Budaya yang memiliki kekhasan budaya yang tidak dimiliki kota lainnya.

Advertisement

Seluruh warga Jogja akan menyambut Anda dengan segala keramahan dan ketulusan. Kota Jogja akan selalu menjadi Kota kenangan yang manis bagi Anda sekeluarga. Selamat berlibur.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif