Sport
Selasa, 30 April 2024 - 18:01 WIB

Kekuatan Guinea U-23, Potensi Lawan Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade

Redaksi Solopos.com  /  Akhmad Ludiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Skuad Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U23 Qatar. (Istimewa)

Solopos.com, DOHA – Kekalahan Timnas Indonesia U-23 atas Uzbekistan dengan skor 0-2 di Semifinal Piala Asia U-23, Senin (29/4/2024) tidak menutup peluang ke Olimpiade Paris 2024. Garuda Muda masih berpeluang lolos jika berhasil merebut peringkat ketiga dengan mengalahkan Irak. Laga ini akan tersaji Kamis (2/5/2024). 

Satu peluang lainnya adalah dengan mengalahkan peringkat tiga dari Afrika, Guinea U-23 di babak playoff. Pertandingan ini akan digelar di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024). Menilik secara skuad, Guienea U-23 bukanlah tim yang bisa dipandang sebelah mata.

Advertisement

Secara materi dikutip dari soccerway dan transfermarkt, Guinea U-23 diperkuat pemain-pemain yang merumput di Eropa. Mulai dari Austria, Prancis, Belgia, Jerman hingga Yunani. Pengalaman merumput di Eropa sejak belia, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun lawan di playoff Olimpiade Paris 2024.

Setidaknya, ada 13 pemain Guinea U-23 yang merumput di Eropa. Di antaranya, Algassime Bah (Olympiacos), Selu Diallo (Deportivo Alaves), Mohamad Soumah (KAA Gent), Madiou Keita (Auxerre B), Lassana Diakhaby (Valenciennes) hingga Aguibou Camara (Atromitos Athen).

Di Piala Afrika U-23 tim asuhan Morlaye Cisse ini mirip dengan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23. Dianggap sebagai kuda hitam di turnamen. Tergabung di Grup A bersama Maroko, Ghana dan Kongo, Guienea U-23 di luar dugaan lolos sebagai runner-up. Mereka berhasil menang atas Kongo dan menahan imbang Ghana.

Advertisement

Lolos dari fase grup, Guinea U-23 memberikan perlawanan sengit saat bertemu Mesir U-23. Sayang Mesir U-23 menang tipis 1-0. Di perebutan peringkat ketiga, Guinea U-23 yang bermain imbang 0-0 melawan Mali di waktu normal, akhirnya menyerah 4-3 di adu penalti.

Guinea U-23 juga punya ambisi yang sama untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. Menurut pelatih Morlaye Cisse, Guienea U-23 sudah membuktikan diri layak untuk tampil di panggung dunia. Ia menyebut, akan bekerja keras membangun tim yang bisa bersaing di Olimpiade.

“”Jika diberi kesempatan untuk mengulangi kompetisi ini, saya akan menurunkan pemain yang sama dan mendekati permainan dengan cara yang sama karena saya percaya kami bermain baik di Piala Afrika U-23 ini, tetapi kami hanya kurang beruntung. Harapan tidak hilang, dan kami akan bekerja tanpa lelah untuk kesempatan akhir ini untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi CAF.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif