News
Senin, 8 Agustus 2011 - 14:29 WIB

H-10 jalan tol Semarang-Ungaran dioperasionalkan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok Solopos)

ilustrasi (dok Solopos)

Semarang (Solopos.com)--Pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum memberikan persetujuan uji coba operasional jalan tol Semarang-Solo seksi I Semarang-Ungaran pada H-10 Lebaran mendatang.

Advertisement

Kepala Dinas Bina Marga Jateng, Danang Atmojo, mengatakan persetujuan itu setelah Dirjen Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto  melakukan pengecekan langsung kondisi lapangan jalan tol Semarang-Ungaran.

“Pak Dirjen sudah mengecek kondisi lapangan dan memberikan persetujuan uji coba operasional jalan tol Semarang-Ungaran pada H-10 Lebaran,” katanya kepada wartawan usai mendampingi Dirjen Bina Marga, Djoko Murjanto meninjau jalan tol Semarang-Ungaran, Senin (8/8/2011).

Uji coba operasional jalan bebas hambatan sepanjang kurang lebih 11 Km tersebut lanjut Danang, dilakukan sampai H+7 Lebaran 2011. Selama masa uji coba jalan tol Semarang-Ungaran tak dilakukan pungutan retribusi kepada pengendara kendaraan. “Gratis tak ada pungutan retribusi,” tandasnya.

Advertisement

Hanya saja, sambung Danang, tak semua kendaraan bisa menggunakan fasilitas jalan tol itu karena untuk sementara diperuntukan bagi kendaraan kecil atau pribadi. Sedang kendaraan besar, misalnya truk, bus dan trailer dilarang lewat.

Pembatasan kendaraan ini, untuk menghindari terjadinya kemacetan arus lalulintas di pintu ke luar jalan tol di daerah Ungaran yang jalannya masih sempit.   “Nanti dari hasil uji coba akan dilakukan evaluasi hambatan yang dihadapi sebelum resmi dibuka untuk umum,” ujarnya.

Sebelumnya Direktur Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ), pengelola jalan tol Semarang-Ungaran, Agus Suharjanto, menyatakan akan mengoperasional jalan tol Semarang-Ungaran pada H-7 Lebaran mendatang. Menurut dia, saat ini pembangunan fisik jalan tol Semarang-Ungaran sudah rampung, demikian pula dengan rambu-rambu penunjuk jalan dan lampu penerangan untuk mendukung operasional jalan tol sudah siap “Pada H-7 sebelum Lebaran akan diuji coba untuk kendaraan kecil,” kata dia.

Advertisement

(oto)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif