News
Rabu, 16 Maret 2011 - 09:48 WIB

Foto satelit google ungkap dahsyatnya tsunami Jepang

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com) — Raksasa internet Google dan lembaga antariksa NASA merilis gambar satelit yang memperlihatkan dampak bencana dahsyat di Jepang. Publik pun bisa menyaksikan keadaan wilayah sebelum dan sesudah terkena terjangan tsunami.

Google bekerjasama dengan perusahaan citra satelit GeoEye, meluncurkan gambar semacam itu dan bisa disaksikan via Google Earth ataupun Picassa Web. Terlihat sebuah daerah tepi laut sebelum terkena tsunami tampak teratur dan kehijauan, porak poranda setelah hajaran gelombang air laut.

Advertisement

Ryan Falor, anggota Google Crisis Response Team, menyatakan bahwa tujuan publikasi gambar tersebut adalah untuk membantu para organisasi yang sedang terjun melancarkan aksi kemanusiaan di Negeri Sakura itu.

“Kami berharap update baru citra satelit ini bermanfaat bagi mereka dan orang lain yang mengikuti peristiwa ini, untuk membantu mengilustrasikan luasnya kerusakan,” ujarnya dilansir ComputerWorld dan dikutip, Rabu (16/3/2011).

“Anda juga bisa mengikuti @earthoutreach di Twitter untuk tetap update dengan upaya mapping ini,” imbuh dia. Akun di Twitter ini berisikan info tentang update gambar satelit apa saja yang sudah ditambahkan Google.

Advertisement

Sedangkan NASA memakai instrumen bernama Multi-angle Imaging SpectroRadiometer di pesawat Terra untuk menunjukkan kekacauan yang ditimbulkan oleh tsunami di Jepang. Sejauh ini, sudah ribuan korban jiwa jatuh karenanya dan diprediksi terus bertambah.

(dtc/try)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif