News
Minggu, 2 Januari 2011 - 15:19 WIB

Australia seperti kena "Banjir Nuh"

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gladstone--Sebagian besar daerah timur laut Australia di negara bagian Queensland terus tergenang banjir.

Wilayah banjir sudah seluas negara Jerman plus Prancis. Pemerintah setempat pun menilai bencana ini sudah seperti banjir Nabi Nuh.

Advertisement

Banjir terparah dalam sejarah Australia ini membuat liburan Tahun Baru warga Queensland berantakan. Seperti dilansir Reuters, Minggu (2/1), Bendahara Negara Bagian Queensland, Andrew Fraser menyebutkan, “Bencana ini sebanding dengan bencana dalam kisah Injil.”

Dia mengatakan untuk pemulihan nantinya, butuh biaya 1 miliar dollar Australia atau Rp 9,6 triliun.

Kota Rockhampton yang berjarak 600 km di utara Brisbane dan dihuni 77.000 orang, terputus dengan daerah lain. BMKG Australia mengatakan 40 Persen kawasan hunian di Rockhampton diprediksi akan terendam banjir sedalam 9 meter pada Senin (3/1) besok.

Advertisement

Seorang perempuan 41 tahun ditemukan tewas di Sungai Leichardt setelah hanyut bersama mobilnya. Hujan mulai berkurang, namun air dalam jumlah banyak sudah membuat sungai meluber. Rockhampton yang dilalui sungai Fitzroy kini mulai tergenang.

Walikota Rockhamptoon, Brad Carter mengatakan air banjir naik lebih cepat dari perkiraan, sudah mencapai 8 meter di sejumlah titik. Pemkot berjibaku memasang karung pasir sebagai tanggul.

Dari pantauan helikopter, lahan pertanian di Queensland rusak. Yang tersisa hanyalah atap rumah ataupun rambu lalu lintas. Ribuan orang mengungsi karena lusinan kota sudah kebanjiran. Pesawat militer pun disiagakan untuk evakuasi.

dtc/nad

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif