Soloraya
Sabtu, 11 Mei 2024 - 14:15 WIB

Panaskan Mesin Politik, PAC PDIP Sukoharjo Sosialisasi 3 Bakal Cabup-Cawabup

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tiga orang kader langsung mengambil formulir pendaftaran penjaringan bakal cabup-cawabup Pilkada Sukoharjo di Kantor DPC PDIP Sukoharjo, Minggu (5/5/2024). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO-Hingga sepekan, belum ada tambahan pendaftar yang mengambil formulir pendaftaran penjaringan bakal calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) dari PDIP Sukoharjo yang dibuka sejak Minggu (5/5/2024).

Saat ini, ketiga kader internal yang berniat maju sebagai bakal cabup-cawabup tengah menyosialisasikan figurnya terhadap para kader partai di 12 kecamatan se-Sukoharjo.

Advertisement

Saat pembukaan pendaftaran penjaringan bakal cabup-cawabup di kantor DPC PDIP Sukoharjo, tiga kader internal partai langsung mengambil formulir pendaftaran. Ketiga kader internal partai itu, yakni yakni Etik Suryani dan Agus Santosa yang kini menjabat sebagai Bupati Sukoharjo-Wakil Bupati Sukoharjo serta Ketua Komisi IV DPRD Sukoharjo, Danur Sri Wardhana.

Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo Nurjayanto mengatakan belum ada tokoh atau figur tambahan yang mengambil formulir pendaftaran penjaringan bakal cabup-cawabup PDIP Sukoharjo. Saat ini, baru tiga kader internal partai yang berniat maju sebagai bakal cabup-cawabup dalam hajatan pesta demokrasi terbesar di Kabupaten Jamu.

“Belum ada pendaftar tambahan. Masih seperti saat pembukaan pendaftaran penjaringan bakal cabup-cawabup. Tiga kader internal yang sudah mengambil formulir pendaftaran,” kata dia, kepada Solopos.com, Sabtu (11/5/2024).

Advertisement

Saat pembukaan pendaftaran bakal cabup-cawabup, disepakati agar pengurus PAC PDIP mengundang ketiga bakal cabup-cawabup untuk menyosialisasikan figur kepada para kader partai di tataran level bawah. Ketiga bakal cabup-cawabup itu bakal menghadiri kegiatan sosialisasi sekaligus konsolidasi di masing-masing kecamatan di Sukoharjo. “Semua bakal cabup-cawabup diundang oleh pengurus PAC PDIP di masing-masing kecamatan. Dadi ora emban cindhe emban siladan,” ujar dia.

Mantan Ketua DPRD Sukoharjo ini meminta agar ketiga bakal cabup-cawabup melakukan improvisasi potensi diri sebagai modal utama saat presentasi di depan pengurus DPP PDIP. Tahap presentasi itu menjadi bahan pertimbangan DPP PDIP dalam menerbitkan rekomendasi pasangan cabup-cawabup yang diusung PDIP dalam Pilkada Sukoharjo.

Figur yang paling layak dan pantas menjadi calon kepala daerah akan menerima rekomendasi dari DPP PDIP. “Masa pendaftaran bakal cabup-cawabup, termasuk pengembalian formulir pendaftaran ditutup pada 19 Mei. Kami sepakat siapapun yang mendapat rekomendasi dari DPP PDIP pasti kami dukung penuh. Sebagai kader partai, kami tegak lurus terhadap instruksi partai,” ujar dia.

Advertisement

Sementara itu, pengurus struktural DPC PDIP Sukoharjo Parwanto Mulyo Saputro mengatakan sosialisasi bakal cabup-cawabup dari PDIP digelar masing-masing pengurus PAC di setiap kecamatan. Para kader partai di tingkat ranting turut diundang di acara tersebut.

“Khusus di wilayah Kartasura, kegiatan sosialisasi bakal cabup-cawabup digelar di Hotel Pramesthi. Para kader partai di level bawah diundang karena agendanya sosialisasi bakal cabup-cawabup,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif