Soloraya
Kamis, 22 Desember 2011 - 13:47 WIB

Wereng serang 5 hektare tanaman padi di Gondangsari

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ilustrasi. (dok Solopos)

KLATEN--Hama wereng batang cokelat (WBC) kembali menyerang tanaman padi di Dukuh Gondanglegi, Desa Gondangsari, Kecamatan Juwiring, Klaten. Dari 116 hektare luas lahan pertanian, lima hektare lahan diserang.

Advertisement

Koordinator Pengamat Hama Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten, Sunarno, menuturkan dalam satu batang, terdapat dua hingga tiga ekor wereng.

Meski demikian ia menambahkan serangan tersebut masih termasuk kecil dan bisa dikendalikan. Dijelaskan Sunarno, sebanyak 18 hektare luas lahan pertanian lainnya terancam diserang. Guna mengantisipasi serangan semakin meluas, pihaknya telah melakukan penyemprotan secara massal sebanyak tiga kali.

“Serangan sudah terjadi sepekan ini. Agar tidak meluas kami sudah melakukan penyemprotan massal sebanyak tiga kali. Kami bekerjasama dengan kelompok brigade perlindungan sebanyak 75 orang dan dibantu TNI masing-masing menyemprotkan pestisida,” ungkapnya kepada Espos, Rabu (21/12/2011), di Karanganom.

Advertisement

Sementara itu, Koordinator Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Juwiring, Daltining, menuturkan serangan terjadi pada pada varietas impari 13. “Tanaman padi yang diserang berumur 50 hari setelah tanam,” katanya.

(m103)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif