News
Kamis, 8 Desember 2011 - 15:14 WIB

Perundingan soal TKI dengan Arab Saudi masih macet, moratorium belum dicabut

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Muhaimin Iskandar (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Muhaimin Iskandar (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Jakarta (Solopos.com) – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan pembicaraan dengan pihak Arab Saudi terkait perjanjian pengiriman TKI ke negara itu masih macet, sehingga moratorium pengiriman tenaga kerja belum akan dicabut.
Advertisement

“Masih macet, belum ada pembicaraan lebih lanjut. Dua draf sedang dibaca masing-masing pihak, karena itu kita akan tunggu feedback dari draf itu,” katanya setelah membuka Nakertrans Expo 2011 di Jakarta, Kamis (8/12/2011).

Indonesia menghentikan pengiriman TKI sektor domestik ke Arab Saudi sejak 1 Agustus 2011 karena banyaknya masalah di negara tersebut seperti kekerasan yang menimpa para TKI. Sejak itu, pemerintah mengajukan pembahasan nota kesepahaman mengenai perlindungan TKI di Arab Saudi dan memasukkan beberapa hal seperti pencantuman alamat lengkap, denah rumah maupun anggota keluarga pengguna dalam kontrak kerja.

Namun, pembahasan rancangan perjanjian hingga saat ini belum mengalami kemajuan berarti dan belum mengalami pembicaraan lebih lanjut sejak perumusan draf oleh kedua belah pihak. Muhaimin menegaskan bahwa pengiriman TKI sektor domestik ke Arab Saudi tidak akan dilakukan sebelum MoU itu ditandatangani. “Selagi tidak ada kepastian, moratorium tidak akan dibuka ke Arab Saudi,” katanya.

Advertisement

JIBI/SOLOPOS/Ant

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif