Soloraya
Rabu, 7 Desember 2011 - 09:18 WIB

Kondisi memprihatinkan, Puskesmas II jadi sorotan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ketua Komisi IV DPRD Karanganyar, Eko Setiyono. (dok Solopos)

Karanganyar (Solopos.com)–Sejumlah fraksi DPRD Karanganyar mengkritik Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) II di sejumlah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, yang kondisinya memprihatinkan.

Advertisement

Kritikan tersebut disampaikan oleh sejumlah fraksi saat memberikan pemandangan umum terhadap Nota Keuangan RAPBD Karanganyar 2012, Selasa (6/12/2011).

Dalam kesempatan itu, Fraksi PDI-P, Fraksi Demokrat, Fraksi PKS dan Fraksi Gerakan Nurani Bangsa (GNB) mengkritik bahwa Puskesmas II yang berada di tiga kecamatan yakni Kecamatan Mojogedang, Colomadu dan Jaten, kondisinya memprihatinkan.

Banyak fasilitas di Puskesmas tersebut yang tidak terurus dan lingkungan sekitar tidak sehat. Jika Puskesmas dibiarkan seperti itu terus tanpa ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, maka warga yang akan berobat ke sana pun jadi enggan.

Advertisement

“Bukan suatu hal yang tidak mungkin jika pelayanan Puskesmas milik pemerintah tidak ditingkatkan, maka banyak warga Karanganyar yang beralih berobat ke klinik swasta,” ujar juru bicara dari fraksi PDI-P,  saat menyampaikan pandangan umumnya.

Sementara itu, hasil Sidak Komisi IV DPRD Karanganyar, akhir November lalu, menemukan Puskesmas II di tiga kecamatan itu seperti dianaktirikan.  Ketua Komisi IV DPRD Karanganyar, Eko Setiyono, mengatakan kondisi tersebut terjadi lantaran tidak ada perhatian dari Pemkab.

“Bahkan di Puskesmas II Mojogedang itu lokasinya berdampingan dengan pasar hewan ternak, kandang babi dan pembuangan sampah. Kalau kondisinya seperti ini, mana mungkin warga mau berobat di Puskesmas. Padahal adanya Puskesmas itu untuk mendekatkan masyarakat untuk berobat,” jelas Eko.

Advertisement

Pihaknya meminta kepada pihak-pihak terkait, seperti Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Karanganyar untuk bisa terjun secara langsung mengurusinya.

Sementara ini, kata dia, kondisi Puskesmas II memang seperti dianaktirikan daripada Puskesmas I di beberapa kecamatan. Peralatan, obat-obatan maupun tenaga medis sangat minim dan beda jauh dari Puskesmas I.

(fas)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif