Cari sangkar burung? Ke Masaran saja

BUAT SANGKAR—Sejumlah pemuda di Desa Karangmalang, Masaran, membuat sangkar burung dengan menggunakan bahan baku bambu di salah satu pengrajin sangkar burung di desa setempat belum lama ini. (JIBI/SOLOPOS/Ist)BUAT SANGKAR—Sejumlah pemuda di Desa Karangmalang, Masaran, membuat sangkar burung dengan menggunakan bahan baku bambu di salah satu pengrajin sangkar burung di desa setempat belum lama ini. (JIBI/SOLOPOS/Ist)

(Solopos.com) – Selain terkenal sebagai pusat industri batik, wilayah Masaran, Sragen juga dikenal dengan produk kerajinan sangkar burung. Setidaknya ada tiga desa yang bakal dikembangkan Pemerintah Kecamatan Masaran untuk menjadi sentra kerajinan sangkar burung Masaran, yakni Desa Karangmalang, Kliwonan dan Pilang. Pembuatan sangkar burung dengan bahan baku bambu memang tidak mudah, karena membutuhkan ketelitian dan ketekunan.

Camat Masaran, Wisarto Sudin, mengaku ada lebih dari 12 pengrajin sangkar burung di wilayah Desa Karangmalang. Belasan pengrajin itu, kata dia, menjadi pionir bagi pengembangan kerajinan sangkar burung di Masaran. Dia juga menemukan sejumlah pengrajin dalam jumlah kecil di wilayah Kliwonan dan Pilang.

“Kami akan mengembangkan potensi wilayah itu menjadi semacam sentra industri kecil. Kami sudah membantu mereka dalam bentuk suntikan modal, pemberian bekal untuk strategi pemasaran dan memfasilitasi untuk mengadakan pameran ke luar daerah. Ya, buktinya pesanan sangkar burung para pengrajin itu bisa tembus sampai Jawa Timur dan sejumlah daerah lainnya di luar Sragen,” urai Wisarto.

Salah satu pengrajin sangkar burung ini adalah Sugiyanto, warga Dukuh/Desa Karangmalang RT 11A. Dia sudah cukup lama menggeluti kerajinan sangkar burung. Dalam satu pekan, dia mampu menghasilkan 10 unit sangkar burung yang siap dipasarkan. Nilai jual sangkar burung itu pun bervariasi, rata-rata Rp 35.000/buah. Dengan nilai jual itu, Sugiyanto bisa mengantongi untung sampai Rp 25.000/buah.

Biasanya ada pengepul yang membeli sangkar burung buatan para pengrajin. Pengepul kemudian melempar lagi ke sejumlah pelanggan di luar Sragen, bahkan sampai Jawa Timur. Setidaknya ada 60 pengrajin dari berbagai daerah yang setor kepada pengepul.

Seorang pengepul, Suwarno, mengungkapkan dalam satu bulan bisa mengumpulkan sampai ribuan unit sangkar burung. Permintaan sangkar burung ini, aku dia, bisa sampai ke luar Jawa dan sejumlah kota di Jatim dan Jateng. Untuk wilayah Jakarta, Suwarno bisa menyuplai sampai 900 unit per bulan.

Tri Rahayu

Editor: | dalam: Women |

8 Komentar pada “Cari sangkar burung? Ke Masaran saja”

  1. 17 Januari 2012 pukul 03:50

    mampir di sangkarku.com juga boleh. kusus sangkar lomba

  2. candra
    4 Maret 2012 pukul 11:49

    ada No Hp pengrajin sangkar dari masaran gak pak..
    order porsi besar,,,..
    suwun.

    • wahyu giat
      2 Agustus 2012 pukul 02:27

      saya juga berminat order, hubungi 085647502311

      • Zafrina
        17 Agustus 2012 pukul 08:53

        Hi Admin,my name is Benny Lesomar and live on Biak island Papua,I am a local birds tour guide for Biak,Yapen,Sorong and Raja Ampat and could oniragze birdwatching trip also to Arfak mountain Manokwari,Habema Lake Wamena ,Nimbokran Jayapura and Wasur National park Merauke West Papua.Note : I am trying to submit to your form for guide service but not work,maybe you can help me to link there.Thank in advance. Benny

  3. I GST NGURAH ARYA SUBAWA
    1 Mei 2012 pukul 20:03

    mohon informasi selengkapnya dan nomor pengerajin yang bisa saya hubungi.
    saya berniat menjalin hubungan bisnis dengan pengerajinnya

    terima kasih

    • Valeria
      17 Agustus 2012 pukul 09:17

      Tergantung Pak. Bpk mau beli burung yang harga baerpa dan sangkarnya yang harga baerpaan.Untuk pengiriman ke ngawi herona tidak bisa Pak, bisanya ke Madiun.Ongkos kirim sangkar 150rb Pak. Misalkan Bpk beli brg yang harga 300 dan sangkar yang 500 totalnya jadi 950rb.Kalau Bpk mau brgnya saya antar langsung ke madiun gapapa, saya bisa kirimkan tetapi hanya bisa di hari minggu Pak

  4. gusti
    2 Mei 2012 pukul 10:21

    mohon nomor pengrajin yg bisa dihubungi

  5. johan
    7 Juli 2012 pukul 21:31

    ada nmr hp yg di bsa di hubungi ?

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris
  • RUMAH DIKONTRAKKAN

    Rumah Dikontrakkan,LT 254M2,LB 225M2,7Kmr,3K Mandi, Garasi, Jl.Kencur No.48, Rt 03/11, Kag…

Menarik Juga »