Soloraya
Rabu, 16 November 2011 - 21:52 WIB

Kali Gandul dipenuhi material Merapi

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MATERIAL MERAPI--Relawan dari Siaga Bantuan Bencana (Sabana) Boyolali menyisir Kali Gandul di Desa Paras, Kecamatan Cepogo, Rabu (16/11/2011). Kali Gandul yang berhulu di puncak Merapi ini dipenuhi material berupa batu-batu besar. (JIBI/SOLOPOS/Farida Trisnaningtyas)

Boyolali (Solopos.com)–Di sepanjang aliran Kali Gandul yang berhulu di puncak Gunung Merapi dipenuhi dengan material berupa batu-batu besar.

Advertisement

Batu-batu tersebut merupakan sisa erupsi Merapi tahun lalu yang sewaktu-waktu bisa hanyut jika debit air di Kali Gandul melebihi batas.

Intensitas hujan di musim penghujan yang semakin sering diperkirakan bisa menghanyutkan material ini hingga melalui aliran Kali Gandul menuju ke arah kota. Terlebih jika volume air hujan naik tajam.

“Sekitar 20% batu-batu di sini merupakan sisa penambangan galian C dulu. Selebihnya adalah sisa banjir lahar dingin saat erupsi Merapi tahun lalu. Jika banjir terjadi dan debit air naik di atas 4 meter di Paras, Cepogo kondisi waspada,” jelas Koordinator Sabana, Daryanto, saat ditemui wartawan di posko relawan II Dukuh Krapyak, Desa Paras, Cepogo, Rabu (16/11/2011).

Advertisement

Daryanto menjelaskan jika sisa material ini diterjang air dengan volume cukup besar bisa membahayakan permukiman yang berada di bantaran Kali Gandul. Hal ini belum lagi ada luapan material dari puncak Merapi.

(rid)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif