Soloraya
Selasa, 8 November 2011 - 21:50 WIB

DAU Wonogiri diperkirakan bertambah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Solopos.com)--Kabupaten Wonogiri diperkirakan akan menerima tambahan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat di tahun 2012. Dari informasi yang berkembang, akan ada tambahan sekitar Rp 160 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Teguh, mengatakan belum berani memastikan sebelum ada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) secara resmi.

Advertisement

“Akan ada tambahan dan jumlahnya berapa, kami belum berani mengatakan karena kami belum menerima PMK. Biasanya akhir tahun atau sebelum tahun anggaran baru berlaku, surat itu baru turun. Sampai saat ini surat itu belum ada, mungkin akhir bulan ini atau bulan Desember,” paparnya saat dijumpai wartawan di gedung DPRD Wonogiri, Selasa (8/11/2011).

Ia menambahkan, setelah PMK turun dan jelas berapa jumlah DAU yang akan diberikan, maka pembahasan pengalokasian anggaran bisa dilakukan. Terkait pengalokasian jika tambahan dana itu turun, Anggota badan anggaran (Banggar) DPRD Wonogiri, Martanto, mengatakan sebaiknya untuk pos belanja publik.

“Informasi tambahan DAU itu baru sebatas informasi, tapi kalau naik kemungkinan memang iya. Jika benar, sebaiknya untuk belanja publik. sehingga lebih optimal. Selama ini, mayoritas APBD selalu ke belanja pegawai,” terangnya saat dijumpai di gedung DPRD Wonogiri, Selasa.

Advertisement

Sebelumnya, Kabupaten Wonogiri setidaknya harus menambah Rp 61 miliar di tahun 2012 untuk alokasi dana kenaikan gaji pegawai. Jika tidak diimbangi dengan penambahan DAU oleh pemerintah pusat, maka anggaran untuk belanja publik tahun 2012 terancam terpotong.

(aak)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : DAU DPPKAD PMK Pusat Wonogiri
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif