Soloraya
Rabu, 2 November 2011 - 21:29 WIB

Pemakaian kartu kendali epliji minim

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dok.SOLOPOS), PENGENDALI ELPIJI--Project Manajer sosialisasi dan edukasi Irsan Thalisme memperlihatkan kartu kendali elpiji 3kg di Balai Tawang Arum, Balaikota, Solo, Selasa (2/11). Kartu tersebut untuk melaksanakan distribusi LPG 3kg secara tertutup.(JIBI/SOLOPOS/Alfian Maulana Latief)

Solo (Solopos.com)–Pemkot Solo menargetkan pemakaian kartu kendali untuk pembelian elpiji ukuran 3 kg mencapai minimal 70% pada akhir Desember mendatang.

Advertisement

Terkait itu, berbagai upaya terus dilakukan untuk mendorong pemakaian kartu kendali itu di kalangan masyarakat. Sejak dibagikan kepada 130.000-an rumah tangga sasaran pada pertengahan 2011 lalu, pemakaian kartu kendali dalam uji coba distribusi tertutup elpiji bersubsidi di Kota Solo masih jauh dari maksimal.

Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Solo memperkirakan dari jumlah kartu yang dibagikan itu hanya sekitar 20% yang dipakai.

”Saat ini kami bersama tim konsultan sedang melakukan sosialisasi kembali kepada masyarakat. Kami juga sudah mengundang camat dan lurah untuk membantu menginformasikan kepada warganya,” jelas Kabag Perekonomian Setda, Asih Widodo, saat ditemui wartawan di Balaikota, Rabu (2/11/2011).

Advertisement

Ditambahkan Asih, pihaknya juga mengerahkan 60 petugas yang telah dilatih untuk mendampingi masyarakat dalam penggunaan kartu kendali elpiji bersubsidi tersebut. Mereka akan disebar di 51 kelurahan dan lima kecamatan di Solo.

Selain sosialisasi tersebut, Asih menambahkan ada lima program lainnya yang dilakukan. Program itu meliputi penataan tukar salur antaragen, pembentukan kelompok pengguna, pembuatan regulasi penetapan agen, penyalur dan pangkalan yang direncanakan dalam bentuk Peraturan Walikota, penetapan harga eceran tertinggi (HET) dan pengembangan sistem.

(shs)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif