News
Selasa, 25 Oktober 2011 - 16:52 WIB

Jenazah Khadafi akhirnya dimakamkan secara rahasia

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - DIPAMERKAN -- Warga Libya bergantian menonton jenazah Muammar Khadafi, putranya dan seorang pemimpin militer yang disimpan di sebuah ruang pendingin toko daging di Kota Misrata. Setelah berhari-hari dipamerkan dan mulai membusuk, jenazah Khadafi akhirnya dimakamkan secara rahasia. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

DIPAMERKAN -- Warga Libya bergantian menonton jenazah Muammar Khadafi, putranya dan seorang pemimpin militer yang disimpan di sebuah ruang pendingin toko daging di Kota Misrata. Setelah berhari-hari dipamerkan dan mulai membusuk, jenazah Khadafi akhirnya dimakamkan secara rahasia. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Tripoli (Solopos.com) – Jenazah mantan pemimpin Libya, Muammar Khadafi dan salah satu putranya, Mo’tassim akhirnya dimakamkan secara rahasia, Selasa (25/10/2011). Pemakaman itu menurut seorang pejabat Dewan Transisi Nasional (NTC) yang berkuasa dilakukan Selasa dini hari di sebuah lokasi rahasia di tengah gurun.
Advertisement

Pemakaman ini setidaknya mengurangi kontroversi yang terus berkecamuk sejak mantan penguasa selama 40 tahun itu terlihat tertangkap dan kemudian tewas secara misterius. Bahkan jenazah Khadafi dan putranya sempat dipamerkan selama empat hari sementara pihak NTC terkesan bingung memutuskan langkah terbaik selanjutnya. Baru kemudian setelah jenazah terlihat makin membusuk, keputusan pemakaman ini diambil.

“Khadafi dan putranya, Mo’tassim, dimakamkan saat fajar di sebuah tempat rahasia dengan penghormatan yang sepantasnya. Kami nanti akan memberikan lebih banyak rincian,” ujar seorang pejabat senior NTC yang menolak diungkap jati dirinya. Seorang pejabat militer di Kota Misrata, lokasi jenazah Khadafi selama ini disimpan untuk dipamerkan di sebuah kamar pendingin milik toko daging, mengonfirmasikan pemakaman itu.

Beberapa hari sebelum ini, seorang pejabat NTC mengaku terkait rencana pemakaman Khadafi, hanya akan ada empat saksi untuk itu dan kesemuanya akan disumpah di bawah Alquran untuk tidak mengungkapkan di mana lokasi makam itu. NTC selama ini khawatir makam Khadafi bakal dijadikan monumen bagi para pendukungnya, atau jadi sasaran balas dendam.

Advertisement

bas/Rtr

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif