News
Kamis, 20 Oktober 2011 - 17:07 WIB

Peserta Munas Asita kebelet belanja batik

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - CITY TOUR -- Para peserta Munas X Asita mengikuti wisata keliling sejumlah objek di Kota Solo dengan bus tingkat wisata Werkudara, Kamis (20/10/2011). (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Solo (Solopos.com) – Para peserta Musyawarah Nasional (Munas) X Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) mulai berdatangan di Kota Solo. Kepada panitia, para peserta itu mengaku tak sabar lagi belanja batik.

CITY TOUR -- Para peserta Munas X Asita mengikuti wisata keliling sejumlah objek di Kota Solo dengan bus tingkat wisata Werkudara, Kamis (20/10/2011). (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Advertisement
Ketua panitia Munas X Asita, Suharto, mengatakan kegiatan belanja adalah saat paling dinanti-nanti para peserta. Bahkan, seorang delegasi asal Nusa Tenggara mengaku pilih belanja batik daripada mengikuti acara seremonial makan bersama. “Menarik sekali, ternyata mereka sudah ada niatan untuk belanja batik sebanyak-banyaknya. Bahkan sampai pilih belanja batik daripada acara makan,” ungkap Harto, sapaannya, saat ditemui wartawan, di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Solo, Kamis (20/10/2011).

Menurut Harto, batik bagi para delegasi peserta Munas adalah barang bagus dan bernilai. Maka tak heran jika mereka rela merogoh kocek untuk mendapatkan barang bagus tersebut. Para degelasi tersebut berniat membeli cukup banyak baju batik untuk kerabat atau untuk karyawan mereka di daerah asal.

Sebagai Kota Batik, Solo memiliki banyak pilihan untuk berbelanja batik. Di antaranya Kampung Batik Kauman, Kampung Batik Laweyan, Pusat Grosir Solo (PGS), dan Pasar Klewer. “Sayangnya kita tidak punya cukup waktu untuk mengajak delegasi mengunjungi semuanya.”

Advertisement

Ketertarikan pada batik itu menjadi salah satu alasan mengapa city tour yang digelar untuk menyambut peserta Munas X menyambangi Museum Danarhadi dan PGS. Selain saat city tour, peserta Munas juga berkesampatan belanja batik di stan-stan peserta ekspo di The Sunan Hotel, tempat Munas X Asita dihelat. Daryono, salah satu panitia Munas, menambahkan ekspo sengaja disediakan bagi peserta Munas yang tidak sempat jalan-jalan keliling mengunjungi pusat belanja batik di Solo.

Daryono pun berharap selepas para peserta itu melihat keistimewaan batik segera menindaklanjuti dengan datang ke Solo lain waktu untuk berbelanja. “Harapannya kalau sudah melihat yang di ekspo, langsung datang ke pusat belanjanya, misal kampung batik. Memang kami sengaja tidak menampilkan semua di ekspo, agar mereka tertarik ke luar,” beber dia.

Sementara itu, peserta Munas X Asita telah berdatangan Kamis. Para peserta yang datang lebih awal bisa menikmati city tour dengan bus tingkat Werkudara. Selanjutnya, mereka akan mengikuti rangkaian acara Munas yang dibuka pada Sabtu (22/10/2011) pagi. Munas berakhir Minggu (23/10/2011), setelah pemilihan ketua Asita periode 2011-2015 terpilih.

Advertisement

tsa

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif