News
Kamis, 20 Oktober 2011 - 15:35 WIB

Kegempaan vulkanik Anak Krakatau sehari 6.340 kali

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kalianda (Solopos.com)– Petugas pemantau Gunung Anak Krakatau, Andi Suardi, menyampaikan bahwa aktivitas kegempaan gunung itu masih tinggi, mencapai 6.340 kali dalam sehari.

“Hari ini kegempaan diperkirakan masih sama dengan kemarin, yakni antara tiga sampai lima kali dalam semenit,” katanya di Desa Hargaopancuran, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (20/10/2011).

Advertisement

Ia mengatakan, sampai sekarang aktivitas gunung tersebut masih tinggi dalam empat hari terakhir karena sebelumnya kegempaan sempat turun dengan kerapatan tiga sampai empat kali semenit, dan terkadang turun dua kali dalam semenit.

“Gunung Anak Krakatau cenderung fluktuatif, namun beberapa hari ini aktivitasnya masih tinggi,” jelas.

Menurut dia, sampai saat ini belum terjadi erupsi dari gunung itu, dan hanya mengeluarkan awan tipis dari puncaknya. Badan gunung lebih sering tidak tampak, karena tertutup kabut permukaan laut.

Advertisement

Penyebab tingginya kegempaan tersebut, kata dia karena material vulkanik di dapur magma masih tersumbat, sehingga tidak bisa erupsi menyemburkan material panas.

“Jika terjadi erupsi, kemungkinan besar jumlah kegempaan akan berkurang, dan tidak serapat sekarang,” paparnya.

Ia memastikan gunung ini berpotensi mengeluarkan letusan, meskipun berkekuatan rendah, dengan jarak maksimal dua sampai tiga kilometer, atau masih di sekitar badan gunung itu, sesuai karakter gunung yang bentuk badannya terus membesar.

Advertisement

Meski demikian, kata dia, para nelayan tetap melaut di sekitar gunung saat malam hari, karena bagi mereka aktivitas seperti itu sudah menjadi fenomena biasa setiap tahun, dan selama ini masih aman.

“Nelayan dan wisatawan hendaknya tetap waspada dengan menjaga jarak aman, karena tidak dapat dipastikan kapan gunung itu erupsi,” pungkasnya. ant

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif