News
Selasa, 11 Oktober 2011 - 10:42 WIB

Petani demo tolak kentang impor di Kemendag

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)– Puluhan petani menggelar demonstrasi di depan gedung Kementerian Perdagangan, Gambir, Jakarta Pusat. Para petani menentang kebijakan pemerintah yang membiarkan petani kentang mengalami kerugian karena serbuan kentang sayur impor.

Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Selasa (11/10/2011), menyatakan para demostran mulai berkumpul di depan gerbang Kementerian tersebut dengan membawa berbagai spanduk yang menentang masuknya kentang impor ke Indonesia.

Advertisement

Salah satu spanduk yang berukuran cukup besar bertuliskan ‘Stop Impor Kentang Sayur’. Para petani juga mengikatkan kain putih bertuliskan ‘Asosiasi Petani Kentang’ di kepalanya. Demo tersebut membuat lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Timur arah Tugu Tani tersendat.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosasi Petani Kentang Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara Jawa Tengah, Muhammad Mudasir mengancam akan mengerahkan ribuan petani kentang untuk berdemonstrasi di depan Istana Negara. Mereka kesal dengan kebijakan pemerintah yang membiarkan petani kentang mengalami kerugian karena serbuan kentang sayur impor.

Selain desakan penghentian impor kentang sayur dari luar negeri. Para petani ini juga mendesak agar subsidi pertanian bisa langsung dirasakan oleh petani kentang.

Advertisement

Aksi tersebut merupakan bentuk protes dan kekecewaan atas impor kentang dari China yang membuat harga kentang domestik anjlok pada kisaran Rp 3.000 hingga Rp 4.000 per kilogram jauh dari harga sebelumnya yang mencapai Rp 7.000 per kilogram, hal tersebut disebabkan harga kentang impor yang hanya Rp 2.000 hingga 2.500 per kg. dtc

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Petani Demo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif