News
Kamis, 6 Oktober 2011 - 11:52 WIB

Anak Krakatau alami kegempaan intentistas tinggi

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Seorang petugas Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi sedang mengamati Gunung Anak Krakatau yang menyemburkan material vulkanik, di Selat Sunda (ANTARA/Dok-PMBG/Asep Fathulrahman)

Lampung (Solopos.com)– Aktivitas kegempaan Gunung Anak Krakatau (GAK) di perairan Selat Sunda masih pada kisaran empat sampai lima kali per menit.

Advertisement

“Gempa vulkanik GAK masih seperti kemarin sekitar 5.000 kali per hari,” kata petugas Pos Pemantau Gunung Api Desa Hargopancuran Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Andi Suardidia di Rajabasa, Kamis (6/10/2011).

Andi mengatakan, aktivitas ini belum ada perubahan sejak beberapa hari lalu dan masih pada level II atau waspada sedangkan letusan-letusan kecil tidak terjadi di gunung tersebut.

Jarak aman dari gunung tersebut masih pada kisaran radius antara dua sampai tiga kilometer baik untuk nelayan maupun wisatawan.

Advertisement

“Nelayan yang biasa melaut di sekitar gunung tersebut hendaknya menjaga jarak aman,” katanya.

Menurutnya, saat ini tidak ada lontaran material vulkanik seperti aktivitas pada musim lalu namun hendaknya tetap mewaspadainya karena kemungkinan aktivitas tersebut bisa terjadi sewaktu-waktu.

Ia menjelaskan, kegempaan intensitas tinggi saat ini bukan karakter dari gunung tersebut karena baru kali ini.

Advertisement

Andi mengaku, pihak Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung menginstruksikan untuk memantau dan melaporkan perkembangan aktivitas gunung tersebut. ant

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif