News
Minggu, 25 September 2011 - 17:34 WIB

Quick count, HATI unggul

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasangan Haryadi Suyuti-Imam Priyono (HATI) (Dok.JIBI/Harian JogjaDesi Suryanto)

Pasangan Haryadi Suyuti-Imam Priyono (HATI) (Dok.JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Jogja (Solopos.com)–Berdasarkan hasil quick count yang dilakukan Media Survey Center Indonesia di posko Haryadi Suyuti-Imam Priyono (HATI), tim pasangan calon HATI unggul pada Pilkada Jogja, Minggu (25/9/2011).

Advertisement

Perolehan suara yang mampu diraih oleh paslon Hati dalam quick count tersebut ialah 48,46 persen. Jumlah itu unggul dari paslon Hanafi Rais–Tri Harjun yang mampu memperoleh suara sebanyak 42.33 persen dan pasangan Zuhrif Hudaya–Aulia Reza sebanyak 9.22 persen.

Koordinator Media Center Rumah Hati, Winarta menjelaskan metode perhitungan cepat yang digunakan menggunakan sistem sampling. Dari seluruh TPS berjumlah 838, disampling menggunakan 100 TPS.

“Perhitungan cepat yang kami gunakan ini memakai sistem sampling. Kami menggunakan 100 TPS untuk sampling yang tersebar di seluruh Kecamatan, dan 45 kelurahan. Dari hasil hitung cepat terhadap suara sah dari 100 tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel, pasangan Haryadi Suyuti-Imam Priyono (HATI) memperoleh suara 48,46 persen suara,” katanya saat ditemui di posko Hati.

Advertisement

Winarta mengatakan masih terdapat potensi margin error dari bentuk penghitungan cepat yang dilakukannya tersebut. Namun dijelaskannya potensi itu hanya sekitar dua persen.

Dengan demikian, kata Winarta hasil hitungan tersebut bisa naik atau turun sebanyak dua persen. Namun, dia menambahkan, jika terjadi selisih jumlah perhitungan sesuai data quick count yang dilakukannya paslon Hati akan tetap unggul.

“Dengan selisih enam persen antara pasangan nomor dua dan tiga, maka hasil tersebut sudah bisa mencerminkan hasil akhirnya, HATI tetap lebih unggul,” katanya.

Advertisement

Selain melakukan penghitungan cepat, pasangan calon tersebut juga melakukan real count. Real count dilakukan dengan cara tersebar diseluruh TPS di Kota Jogja. Dari pemantauan hingga pukul 15.00 WIB tadi, real count tersebut memiliki kecenderungan yang hampir serupa yaitu, pasangan nomor tiga itu lebih unggul.

(JIBI/Harian Jogja/aya)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif