Pemerintah siapkan aturan soal pegawai tidak tetap

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Jakarta (Solopos.com) - Pemerintah telah menyiapkan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pegawai Tidak Tetap yang diharapkan terbit pada pertengahan 2012. “PP tentang Pegawai Tidak Tetap diharapkan pertengahan tahun depan,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan, di Jakarta, Selasa (20/9/2011).

Keberadaan pegawai tidak tetap ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian, Pasal 2 Ayat (3) yang menyebutkan, disamping pegawai negeri, pejabat yang berwenang dapat mengangkat pegawai tidak tetap.

Menpan di sela-sela acara sosialisasi rancangan PP tentang Pegawai Tidak Tetap, mengatakan peraturan ini akan menjadi dasar hukum dan pedoman bagi semua pejabat pembina kepegawaian dalam mengangkat pegawai tidak tetap, tetapi tidak berkedudukan sebagai pegawai negeri. Rancangan PP ini diantaranya mengatur tentang tempat bekerja pegawai tidak tetap, yakni instansi pemerintah pusat yang memiliki penerimaan negara bukan pajak (PNBP), sekretariat lembaga negara, dan perwakilan pemerintah RI di luar negeri.

Selain itu, instansi pemerintah daerah yang memiliki pendapatan asli daerah (PAD) memadai dan maksimal 30 persen hanya untuk pegawai tidak tetap, dan badan layanan umum pusat dan daerah yang memiliki PNPB atau PAD memadai. Dalam rancangan PP tentang Pegawai Tidak Tetap, disebutkan tugas dan kedudukan pegawai tidak tetap adalah tenaga ahli, unsur pendukung, dan tidak berkedudukan sebagai pegawai negeri.

Formasi dan pengadaan pegawai tidak tetap ini terintegrasi dalam formasi PNS, disusulkan oleh masing-masing instansi sesuai kebutuhan, dan formasinya ditetapkan oleh Menteri PAN dan RB. Sementara itu, pengangkatan PTT ini, tidak otomatis menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Jika ingin menjadi CPNS maka harus berhenti menjadi pegawai tidak tetap dan mengikuti seleksi tertulis tentang kompetensi secara obyektif dan transparan.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Editor: | dalam: News |

5 Komentar pada “Pemerintah siapkan aturan soal pegawai tidak tetap”

  1. 23 September 2011 pukul 09:01

    Baguslah.jadi bisa terkendali.

  2. yuliyanto
    7 November 2011 pukul 12:50

    Saya jadi PTT di SMPN 2 Muncar – Banyuwangi sejak tahun 2000. Bahkan di sekolah kami ada yang mengabdi sejak tahun 1989. Apa perhatiannya? Kami hanya gigit jari…………………….

  3. 14 November 2011 pukul 08:59

    Saya sangat setuju dengan aturan tsb. Mudahan2 Pemerintah dapat secepatnya merealisasikan kebijakan publik tsb. dalam menampung aspirasi masyarakat terutama para PTT dan GTT yg sampai saat ini nasibnya masih terkatung2. Hidup PTT….!!!!!!! Smoga amal kebaikan kita selalu diperhatikan oleh petinggi2 negara dalam memberikan kesejahteraan rakyatnya, dan para perwakilan rakyat yg berada di pusat juga akan mendapatkan balasan yg setimpal dari Allah SWT sesuai amal kebaikannya. Amin ya robbal ‘alamin.

  4. ABD JALIL
    29 Januari 2012 pukul 07:49

    semoga peraturan tsb. memndapatkan ridho ALLAH SWT. Amin…..!!! dan kami harap peraturan tsb cpat di realisasikan, krn selama ini kami (PTT/GTT) merasa di anak tirikan oleh pemerintah tidak seperti halnya dengan PNS yang selalu mendaptkan Perioritas Utama dari pemerintah

  5. indra
    10 Maret 2012 pukul 16:15

    Pegawai tidak tetap selama ini dijadikan modus KKN para pejabat. Pegawai tidak tetap sering menimbulkan masalah tersendiri di lingkungan instansi pemerintah hal ini disebabkan karena biasanya mereka kompetensinya rendah namun disisi lain mereka adalah kerabat para pejabat (tingkah lakunya seperti bos). Harusnya pegawai tidak tetap lebih dikhususkan untuk keahlian-keahlian yang spesifik bukan administrasi contoh guru, insiyur teknik, dokter.

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris
  • RUMAH DIKONTRAKKAN

    Rumah Dikontrakkan,LT 254M2,LB 225M2,7Kmr,3K Mandi, Garasi, Jl.Kencur No.48, Rt 03/11, Kag…

Menarik Juga ยป