Soloraya
Selasa, 30 Agustus 2011 - 14:04 WIB

Diikuti Muspida, Shalat Id Rabu juga di Satya Negara

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - M Furqon Hidayatullah (Dok. SOLOPOS)

M Furqon Hidayatullah (Dok. SOLOPOS)

Sukoharjo (Solopos.com)–Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sukoharjo menjadwalkan Shalat Id versi pemerintah, Rabu (31/8/2011), juga di dilaksanakan di Alun-alun Satya Negara.

Advertisement

Shalat Id kedua setelah yang dilakukan warga Muhammadiyah itu menurut rencana diikuti unsur Muspida.

“Di Sukoharjo ada dua waktu Shalat Id, Selasa (30/8/2011) dan Rabu (31/8/2011). Semuanya dilakukan di Alun-alun Satya Negara,” ungkap Sekretaris Pelaksana PHBI Kabupaten Sukoharjo, Ikhsan Muhadi, ditemui Espos di sela-sela Shalat Id hari pertama, Selasa (30/8/2011) pagi.

Ikhsan yang juga Kasi Urusan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo menyatakan Shalat Id hari kedua akan diikuti unsur musyawarah pimpinan daerah (Muspida), terkecuali Ketua DPRD, Dwi Jatmoko, yang telah ikut shalat pada hari Selasa.

Advertisement

“Muspida kita undang semua, Pak Bupati dan Wakil Bupati dan unsur pimpinan daerah lain. Tetapi wallahu a’lam yang datang karena kemungkinan ada yang mudik juga. Tapi Ketua DPRD Pak Dwi Jatmoko sudah ikut pelaksanaan Shalat Id yang hari Selasa,” jelasnya lagi.

Ikhsan menambahkan, Shalat Id hari Rabu (31/8/2011), akan digelar mulai pukul 06.00 WIB seperti pelaksanaan ibadah serupa hari Selasa. Bertindak sebagai imam dan sekaligus penceramah atau khatib dalam kesempatan itu adalah Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof Dr HM Furqon Hidayatullah MPd.

Dikemukakan pula, meski ada dua waktu Shalat Id sebagai dampak perbedaan penetapan 1 Syawal 1432 H, kegiatan dilaksanakan satu kepanitiaan. Hal itu dalam rangka memberikan pengayoman kepada seluruh Umat Islam di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Advertisement

“Jadi dalam rangka menjaga ukhuwah, pelaksanaan dua waktu Shalat Id difasilitasi satu panitia yang sama dari PHBI. Ini juga untuk mengayomi umat Islam di Sukoharjo,” tandasnya.

(try)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif