News
Rabu, 10 Agustus 2011 - 10:36 WIB

Jurnalis Inggris pun ikut jadi sasaran perusuh

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - guardian.co.uk

guardian.co.uk

London (Solopos.com)–Kerusuhan semakin merajalela di sejumlah wilayah Inggris. Kini tak hanya polisi yang menjadi target, para jurnalis yang sedang bertugas pun ikut menjadi sasaran serangan para perusuh.

Advertisement

Para jurnalis dan fotografer sejumlah media ternama di Inggris seperti CNN, Sky News, BBC, Channel 4 News, yang tengah meliput kerusuhan mengalami tindak kekerasan dari para perusuh. Kendaraan mereka bahkan ikut dirusak oleh para perusuh. Demikian seperti dilansir guardian.co.uk, Selasa (9/8/2011).

Reporter CNN, Dan Rivers dan kameramannya dilaporkan mendapat lemparan botol dan barang-barang lain dari para perusuh saat tengah melaporkan suasana distrik Peckham, London Selatan.

Rivers yang telah mengenakan helm dan pelindung tubuh di balik baju hangatnya ini tak luput menjadi sasaran para perusuh. Saat itu, posisi mereka memang berada di garis tengah antara polisi dan perusuh.

Advertisement

Kemudian reporter dari BBC dan Sky News juga mendapat serangan saat tengah meliput di London Road, Croydon. Mereka dipaksa menyelamatkan diri setelah mobil yang mereka tumpangi diamuk dan kaca mobil dirusak oleh para perusuh.

Sementara itu, reporter The Guardian, Paul Lewis menuturkan bahwa para perusuh juga mengambil paksa kamera dan merusak gambar-gambar yang didapat. Mereka bahkan diserang secara fisik oleh para perusuh.

“Sejumlah orang yang tengah mengambil gambar diserang. Saya bahkan melihat tiga jurnalis yang diserang cukup parah, mereka didorong hingga tersungkur di jalan dan diserang oleh segerombolan anak muda,” ucapnya kepada journalism.co.uk dan dilansir huffingtonpost.com.

Advertisement

Seringkali, para jurnalis memang menjadi sasaran kekerasan. Seorang reporter magang ITV pun hanya bisa menyaksikan mobilnya dibakar habis oleh para perusuh di jalanan Liverpool, tempat ia tinggal.

(Detikcom/nad)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif