News
Selasa, 9 Agustus 2011 - 16:29 WIB

Kemlu imbau perempuan waspadai pria asing yang dikenal lewat FB & Twitter

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

ilustrasi (google img)

Jakarta (Solopos.com)--Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengimbau WNI perempuan berhati-hati berkenalan dengan pria asing lewat facebook atau twitter. Bisa-bisa dengan dalih asmara mereka malah diseret ke jaringan Narkoba.

Advertisement

Kemlu mengingatkan modus kejahatan berupa menjadikan WNI perempuan sebagai kekasih WNA yang selanjutnya menjadi kurir Narkoba. “Perkenalan dilakukan lewat internet, facebook, twitter, atau media online lainnya,” tulis siaran pers Kemlu dalam Kemlu.go.id, Selasa (9/8/2011).

Modus yang dilakukan yakni, WNA tersebut akan mengaku seseorang yang pantas baik dari segi tampang maupun materi.

“Selanjutnya yang bersangkutan akan menjalin hubungan layaknya pasangan kekasih yang penuh cinta, namun akhirnya perempuan WNI dijadikan kurir Narkoba,” terangnya.

Advertisement

Kemlu juga mengimbau WNI berhati-hati atas ajakan menikah dari WNA kepada WNI lewat dunia maya, padahal mereka belum sama sekali bertemu.

Kemlu juga mengingatkan agar WNI mewaspadai penipuan dengan iming-iming mendapat hadiah undian dengan jumlah besar.

“Korban menerima kabar bahwa dirinya memenangkan undian dengan jumlah hadiah yang besar. Untuk pencairan hadiah tersebut, korban diminta untuk mengisi formulir yang dikirim oleh pelaku yang berisi data pribadi korban,” terang siaran pers Kemlu itu.

Advertisement

Juga, modus penipuan lainnya yakni adanya iming-iming mendapat dana hibah dari dermawan atau keluarga kaya di luar negeri atau pengelolaan proyek di luar negeri. Penipu itu meminta agar korban mengirimkan dana awal untuk membuka bank account di negara yang ditunjuk oleh pelaku.

“Kepada seluruh masyarakat agar mewaspadai modus-modus tersebut dan jika mengalami agar segera melakukan klarifikasi ke Perwakilan Rl setempat atau instansi lain yang berwenang,” tutur pihak Kemlu.

dtc

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif