Soloraya
Minggu, 31 Juli 2011 - 20:36 WIB

Umat Islam Solo ikuti salat tarawih perdana, Masjid Agung dibanjiri jemaah

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com) – Umat Islam di Soloraya mulai mengikuti Salat Tarawih bersama, Minggu (31/7/2011) malam. Di Kota Solo, ribuan umat Islam mengikuti Salat Tarawih berjamaah di Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Di masjid yang terletak di Alun-alun Utara ini, seusai Salat Isya berjamaah, Salat Tarawih sebanyak 11 rakaat dipimpin imam KH Nafi’ Taslim. Dari pantauan Espos, ribuan jemaah memadati ruangan utama Masjid Agung. Bahkan, untuk saf jamaah putri meluber hingga ke serambi Masjid.

Advertisement

Sementara, Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo, Abdul Basid Rohmad mengatakan untuk pelaksanaan Salat Tarawih di Masjid Agung dilaksanakan dua kali, yakni untuk salat tarawih 11 rakaat dan 23 rakaat. “Untuk pelaksanaan 11 rekaat dilaksanakan di ruang utama Masjid Agung, sedang untuk pelaksanaan 23 rekaat dilaksanakan di pawestren utara,” ujarnya.

Selain itu, selama bulan Ramadan, takmir masjid juga menggelar berbagai kegiatan untuk mengisi amalan Ramadan, diantaranya kuliah subuh, santunan anak yatim, dan kegiatan lainnya. “Takmir juga menggelar buka puasa bersama tiap hari setelah sebelumnya digelar pengajian menjelang buka puasa bersama,” papar dia. Basid menambahkan untuk tanda buka puasa bersama pihak takmir membunyikan tanda sirine.

Sementara, Ketua I Takmir Masjid Agung H Slamet Aby mengatakan adanya dua kegiatan jamaah tarawih untuk memberikan kesempatan dan pilihan kepada jamaah dalam melaksanakan salat tarawih. “Dua tempat itu hanya untuk pilihan kepada para jamaah. Untuk tawarih 23 rekaat itu, tiap pelaksanaan menghafalkan 1,5 juz Alquran,” papar dia.

Advertisement

fid

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif