Minggu, 31 Juli 2011 07:11 WIB Tak Berkategori Share :

Sidang Isbat penentuan awal puasa, digelar hari ini

Jakarta [SPFM], Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Bahrul Hidayat, menyatakan, sidang isbat untuk menentukan permulaan awal Ramadhan 2011 akan digelar Sabtu (30/7).  Sidang yang menghadirkan seluruh pimpinan organisasi keagamaan, di antaranya Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah, dan Persatuan Islam (Persis), tersebut akan dimulai setelah maghrib.

Bahrul kepada Sabtu (30/7) mengatakan, sidang isbat tersebut bersifat terbuka untuk umum. Selain organisasi keagamaan, pakar ilmu perbintangan bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga diundang. Sidang tersebut juga akan membahas hasil rukyatul hilal atau peneropongan hilal dari tim-tim yang disebar ke seluruh titik yang memungkinkan untuk memantau hilal.

Bahrul menjelaskan, penetapan awal puasa tahun ini sebenarnya bisa diprediksi. Sesuai dengan metode hisab, dapat bisa dipastikan jika awal Ramadhan jatuh pada 1 Agustus 2011. Alasannya, menjelang tanggal itu ketinggian hilal dipastikan di atas 0 hingga 2 derajat.

Sebelumnya, Muhammadiyah sudah lebih dulu merilis penetapan permulaan awal Ramadhan yang jatuh pada 1 Agustus. Menurut Kepala Badan Hisab dan Rukyah Kementerian Agama Muhyidin Khazin, keputusan Muhammadiyah tersebut benar. Namun  untuk memastikanya, harus menunggu hasil sidang isbat yang akan dibacakan Menteri Agama. [tempo/dev]

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pendidikan yang Memerdekakan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (21/8/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo. Alamat e-mail penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memasuki umur 72 tahun kemerdekaan…