Minggu, 31 Juli 2011 - 20:22 WIB

Penumpang kereta tahun ini tururn 4 %

Redaksi Solopos.com  /  Aksara Solopos  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta [SPFM], Jumlah penumpang kereta api selama lebaran tahun ini diperkirakan turun empat persen karena moda angkutan darat itu mengurangi kapasitas angkutnya. Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasional VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta Minggu (31/7) mengatakan, pengurangan kapasitas angkut penumpang tersebut disebabkan karena pihaknya hanya akan mengoperasikan armada yang benar-benar memenuhi standar keselamatan.

Menurut Eko, PT Kereta Api tak akan memaksakan armada yang tidak layak jalan hanya demi melayani peningkatan kebutuhan transportasi masyarakat selama lebaran. Selain itu, PT Kereta api memiliki kebijakan untuk tidak mengisi gerbong di belakang lokomotif, namun menggantinya dengan gerbong barang untuk alasan keselamatan.

Advertisement

Dikatakan Eko, penurunan jumlah penumpang juga disebabkan banyaknya konsumen angkutan umum yang beralih menggunakan kendaraan pribadi. Diberitakan, jumlah penumpang kereta selama angkutan lebaran 2010 mencapai 241.158 penumpang, sementara tahun ini diperkirakan turun menjadi 229.428 penumpang.[ant/dev]

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif