Minggu, 31 Juli 2011 16:04 WIB Tak Berkategori Share :

Observatorium Bossha terjunkan 30 orang pantau hilal

Ngamprah [SPFM], Observatorium Bossha Bandung, Jawa Barat, telah menerjunkan 30 orang untuk mengamati hilal guna mengetahui hari pertama puasa 1432 Hijriah. Mereka merupakan gabungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, dan Bosscha yang dibagi dalam 14 tim. Direktur Observatorium Bosscha Bandung, Hakim L Malasan Minggu (31/7) mengatakan, tahun ini pihaknya akan melakukan pengamatan hilal di 14 tempat yang telah ditentukan mulai dari Riau hingga Biak.

Sedangkan pada tahun sebelumnya, pengamatan hanya dilakukan pada 12 titik saja. Daerah-daerah yang menjadi titik pengamatan di antaranya Lhoknga Aceh, Pekanbaru, Medan, Dermaga Kalianda Lampung, dan Pelabuhan Ratu Sukabumi. Hakim menjelaskan, hari ini ketinggian bulan berkisar antara 5 hingga 6,5 derajat pada saat matahari terbenam. Karena matahari terbenam lebih cepat di Indonesia bagian timur, maka semakin ke barat posisi bulan dipastikan akan semakin tinggi dan semakin mudah dilihat. [ant/dev]

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….