Sabtu, 30 Juli 2011 14:20 WIB News Share :

Lembaga pengawas KPK, Kejaksaan & Kepolisian dilebur jadi satu

Jakarta (Solopos.com)–Wacana pembentukan lembaga pengawasan untuk KPK bakal dimasukkan dalam revisi UU KPK. Nantinya seluruh lembaga pengawas penegak hukum bakal dilebur jadi satu.

“Iya saya kira dalam revisi UU KPK,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR, Tjatur Sapto Edi saat ditanya dimana wacana itu akan dimasukkan.

Tjatur mengatakan hal itu dalam diskusi ‘Polemik’ yang diadakan radio Trijaya di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (30/7/2011).

Tjatur menilai, setiap penegak hukum harus memiliki lembaga pengawasan. Ini termasuk untuk Kepolisian, Kejaksaan dan KPK.

“Intinya tidak ada satu lembaga pun di dunia ini yang dibentuk dengan UU tanpa pengawasan termasuk KPK, Polisi dan Kejaksaan,” terang Tjatur.

Meski begitu, soal pembentukan lembaga pengawasan ini masih sekedar wacana. Dan jika terealisasi, untuk mengurangi anggaran, muncul pikiran untuk melebur jadi satu seluruh lembaga pengawasan penegak hukum yang ada.

“Supaya tidak ada lembaga lagi, supaya Kompolnas kemudian Komisi Kejaksaan bergabung menjadi satu tugasnya mengawasi Polisi, Jaksa dan KPK,” tutupnya.

(detik.com/tiw)

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…