ilustrasi (dok Solopos) ilustrasi (dok Solopos)
Jumat, 29 Juli 2011 16:13 WIB Pendidikan Share :

Program PAUD Terpadu akan digalakkan

ilustrasi (dok Solopos)

Solo (Solopos.com)–Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu akan digalakkan di Kota Solo. Saat ini, petunjuk pelaksanaan (Juklak) PAUD Terpadu sedang dibahas di DPRD Solo.

Kasi Kesetaraan, Keaksaraan dan PAUD, Bidang Pendidikan Nonformal (PNF), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Waliyono, mengungkapkan pelaksanaan program PAUD Terpadu merupakan konsekuensi penerapan kebijakan di tingkat pusat. Yaitu kebijakan untuk menyatukan pengelolaan PAUD formal dan PAUD nonformal dalam satu lembaga, Dirjen PAUD Nonformal dan Informal (PAUDNI).

“Selama ini, PAUD formal ditangani oleh Bidang Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, sedangkan PAUD nonformal ditangani oleh Bidang PNF. Tapi karena saat ini penanganannya disatukan di bawah Dirjen PAUDNI, kemudian muncul program PAUD Terpadu,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (29/7).

Melalui program PAUD Terpadu, ungkapnya, diharapkan satu lembaga PAUD minimal mengelola dua bidang. Yaitu taman kanak-kanak dan kelompok bermain. Akan lebih baik lagi jika lembaga itu juga mengelola taman penitipan anak (TPA). Melalui kebijakan tersebut, diharapkan proses pendidikan anak usia dini berlangsung secara simultan dan tidak perlu berpindah-pindah lembaga.

“Jadi lebih mudah dan fleksibel. Lulusan TPA bisa langsung melanjutkan ke kelompok bermain, lalu ke TK di lembaga yang sama. Orangtua baru mulai berpikir tentang pindah sekolah ketika anaknya mau masuk SD,” ujarnya.

Saat ini, terangnya, di Solo sudah ada beberapa lembaga yang mengadakan program PAUD Terpadu. Tapi jumlahnya masih terbatas. “Kalau data pastinya, saat ini masih dilakukan pendataan. Jadi belum dikeahui pastinya,” jelasnya.

(ewt)

Bagian Sirkulasi SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Kota Penyair Perlawanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (16/8/2017). Esai ini karya Anindita S. Thayf, novelis dan esais yang tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah bambu_merah@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 1982,…