News
Kamis, 28 Juli 2011 - 11:50 WIB

PM Norwegia umumkan penyelidikan independen

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (Foto: News.com.au)

(Foto: News.com.au)

Oslo (Solopos.com)–Perdana Menteri (PM) Norwegia Jens Stoltenberg mengumumkan penyelidikan independen atas aksi teror yang terjadi beberapa hari lalu.

Advertisement

Pengumuman ini dilakukan di tengah kritikan publik bahwa para polisi bergerak terlalu lamban dalam menghentikan aksi pembantaian Anders Behring Breivik yang menewaskan 76 orang.

Stoltenberg mengatakan tujuan komisi khusus ini adalah untuk memetakan apa yang telah berfungsi dengan baik dan apa yang berfungsi kurang baik.

“Penting untuk memahami semua aspek serangan-serangan ini, untuk menarik pelajaran dari apa yang telah terjadi,” kata Stoltenberg dalam konferensi pers di Oslo, ibukota Norwegia seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (28/7/2011).

Advertisement

Stoltenberg juga mengumumkan, seremoni peringatan nasional akan digelar pada waktu yang masih akan diputuskan. Peringatan itu untuk mengenang para korban tewas dalam serangan pengeboman di Oslo dan penembakan di Pulau Otoeya pada Jumat, 22 Juli lalu.

Pemerintah juga akan memberikan kontribusi finansial kepada para keluarga korban tewas.

Dikatakan Stoltenberg, setelah masa berkabung usai, pelajaran-pelajaran akan diperoleh dari tragedi yang paling mematikan di Norwegia sejak perang Dunia II itu.

Advertisement

(Detikcom/nad)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif