(Foto: News.com.au)
Kamis, 28 Juli 2011 11:50 WIB Internasional Share :

PM Norwegia umumkan penyelidikan independen

(Foto: News.com.au)

Oslo (Solopos.com)–Perdana Menteri (PM) Norwegia Jens Stoltenberg mengumumkan penyelidikan independen atas aksi teror yang terjadi beberapa hari lalu.

Pengumuman ini dilakukan di tengah kritikan publik bahwa para polisi bergerak terlalu lamban dalam menghentikan aksi pembantaian Anders Behring Breivik yang menewaskan 76 orang.

Stoltenberg mengatakan tujuan komisi khusus ini adalah untuk memetakan apa yang telah berfungsi dengan baik dan apa yang berfungsi kurang baik.

“Penting untuk memahami semua aspek serangan-serangan ini, untuk menarik pelajaran dari apa yang telah terjadi,” kata Stoltenberg dalam konferensi pers di Oslo, ibukota Norwegia seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (28/7/2011).

Stoltenberg juga mengumumkan, seremoni peringatan nasional akan digelar pada waktu yang masih akan diputuskan. Peringatan itu untuk mengenang para korban tewas dalam serangan pengeboman di Oslo dan penembakan di Pulau Otoeya pada Jumat, 22 Juli lalu.

Pemerintah juga akan memberikan kontribusi finansial kepada para keluarga korban tewas.

Dikatakan Stoltenberg, setelah masa berkabung usai, pelajaran-pelajaran akan diperoleh dari tragedi yang paling mematikan di Norwegia sejak perang Dunia II itu.

(Detikcom/nad)

Lowongan Pekerjaan
QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…