Kamis, 28 Juli 2011 07:45 WIB Karanganyar Share :

Dewan kesenian gelar aneka lomba

Karanganyar (Solopos.com)–Memperingati HUT ke-66 Kemerdekaan RI, Dewan Kesenian Karanganyar menggelar aneka lomba kesenian. Lomba tersebut antara lain macapat dan geguritan untuk masyarakat umum dan kalangan siswa SMA dan SMK, digelar di SMPN 5 Karanganyar.

Selain itu, lomba macapat juga diikuti oleh berbagai komunitas pecinta macapat dari berbagai desa di Karanganyar.

Sedangkan lomba lukis dan tari Kencar-Kencar khusus siswa SD, dilaksanakan di Pendapa Rumah Dinas Bupati. Sekretaris Dewan Kesenian Karanganyar, Nugroho, mengatakan sebelumnya sudah pernah digelar lomba tari Kencar-Kencar untuk siswa SMP dan SMA.

“Para peserta ini tidak dicomot langsung dari masing-masing kecamatan, tapi beberapa kecamatan sebelumnya sudah melaksanakan lomba serupa. Para pemenang lomba tari dari masing-masing kecamatan, lalu maju lomba ke tingkat kabupaten,” ungkap Nugroho saat ditemui Espos di Pendapa Rumah Dinas, Rabu (27/7/2011).

Puncak lomba kesenian tersebut yakni pada Jumat (29/7/2011) malam, menampilkan pergelaran wayang kulit semalam suntuk oleh tiga dalang yakni Ki Anom Sukatno, dalang cilik Anggit Laras Prabowo dan Ki Sulistiyono. Panitia, imbuh Nugroho, sengaja tidak menghadirkan dalang terkenal untuk menghemat biaya, juga untuk menumbuhkan potensi dalang lokal. “Biar semua orang bisa melihat bahwa Karanganyar juga memiliki potensi di bidang seni dan budaya,” jelasnya.

(fas)

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…