Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Kamis, 28 Juli 2011 11:41 WIB Kesehatan Share :

Cocokkah yoga untuk anak-anak?

Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Jakarta (Solopos.com)–Belum banyak penelitian yang dilakukan mengenai manfaat yoga untuk anak-anak. Konon yoga untuk anak-anak dapat menenangkan dan membuat rileks. Cocokkah mengajarkan yoga untuk anak-anak.

Beberapa penelitian, seperti dilansir dari MayoClinic Kamis, (28/7/2011), melaporkan yoga dapat menenangkan anak, mengurangi obesitas, meningkatkan konsentrasi dan membantu anak mengelola kondisi kesehatan tertentu, seperti sakit kepala dan sindrom iritasi usus besar.

Studi menunjukkan bahwa yoga juga dapat bermanfaat untuk anak-anak yang memiliki cacat mental dan fisik. Memang masih perlu dilakukan banyak penelitian untuk memastikan efek positif yoga untuk kesehatan anak. Meski begitu setidaknya yoga dapat menjadi alternatif aktivitas fisik untuk anak-anak.

Jenis yoga yang cocok untuk anak-anak dapat terdiri dari:

1. Pemanasan
Anak dapat berbaring atau duduk bersila di lantai atau di kursi. Instruktur dapat menginstruksikan anak untuk menenangkan pikirannya, dapat dengan menutup mata dan membayangkan masalah dapat terselesaikan.

2. Pernapasan
Anak akan didorong agar fokus pada pernapasan yang dalam dan perlahan-lahan, serta pernapasan dalam melalui hidung. Dalam penggambarannya, dapat dibayangkan seperti mengisi perut dengan udara menyerupai balon dan kemudian perlahan-lahan melepaskan udara.

3. Gerakan
Gerakan lembut termasuk peregangan, akan membantu anak mempersiapkan diri untuk melakukan gerakan yang melibatkan berdiri, duduk, memutar, menyeimbangkan dan melenturkan. Beberapa instruktur memberikan gambaran seperti tanaman, hewan atau objek untuk ditirukan. Pada setiap gerakan, anak diingatkan untuk bernapas melalui hidung, tidak boleh memaksakan diri dan berhenti jika anak mengalami rasa sakit.

4. Relaksasi
Setelah menyelesaikan serangkaian gerakan, anak diinstruksikan untuk berbaring di lantai dan menutup matanya. Anak mungkin juga diinstruksikan untuk memvisualisasikan pengalaman, seperti berbaring di awan atau mengambang di langit.

5. Bangkit berdiri
Sebagai akhir dari latihan, anak diinstruksikan untuk memulai peregangan atau menggeliatkan tubuhnya dan perlahan-lahan bangkit dari lantai.

Gerakan yoga yang tidak dianjurkan untuk anak-anak

Tidak semua gerakan yoga cocok untuk anak-anak. Ada dua gerakan yang mungkin tidak sesuai untuk anak-anak termasuk:
1. Ashtanga
Salah satu jenis gerakan yoga yang juga disebut power yoga. Gerakan ini berfokus pada kekuatan dan pelatihan fleksibilitas dan gerakan cepat. Berlatih ashtanga memerlukan kondisi fisik yang sangat baik.

2. Bikram
Biasa disebut yoga panas, Bikram melibatkan gerakan kuat di ruang yang dipanaskan sampai 100-110 F (38-43 C). Berlatih Bikram juga memerlukan kondisi fisik yang sangat baik.
Apakah ada petunjuk aman untuk anak-anak yang berlatih yoga?

Jika anak akan berlatih yoga, bantulah anak untuk mengambil langkah yang dapat menghindari cedera, contohnya:
1. Cari tempat yang aman untuk berlatih yoga
Pastikan yoga dilakukan di lantai yang datar dengan suhu ruangan yang nyaman.

2. Lakukan latihan yoga pada saat perut kosong
Gerakan tertentu dapat menyebabkan anak muntah jika ia melakukan latihan yoga sesaat setelah makan. Umumnya, jangan biarkan anak untuk berlatih yoga 2-4 jam setelah makan besar atau 1-2 jam setelah mengonsumsi makanan ringan atau snack.

3. Jangan berlebihan
Ingatkan anak untuk menjaga gerakan perlahan-lahan dan jangan memaksakan suatu gerakan.

4. Pertimbangkan kondisi medis anak
Jika anak memiliki migrain atau kondisi yang dipengaruhi oleh tekanan berlebihan pada kepala atau leher, jangan terlalu banyak melakukan gerakan yang terpusat pada daerah tersebut. Anak mungkin juga perlu berhati-hati melakukan teknik pernapasan atau gerakan tertentu jika dia memiliki asma, bronkitis atau hernia. Jangan biarkan anak untuk melakukan yoga jika sedang sakit.

Bagaimana cara memilih jenis yoga untuk anak?

Jika anak tertarik untuk berlatih yoga, carilah sebuah kelas yoga dengan instruktur yang memiliki pelatihan yoga untuk anak-anak. Tanyakan pengalaman instruktur tentang latihan yoga untuk anak.

Pertimbangkan segala macam keadaan di sebuah tempat latihan yoga sebelum mendaftarkan anak, untuk melihat apakah sekiranya anak akan merasa nyaman dengan semua kegiatan, instruktur, ukuran kelas dan lingkungan.

Mencari kelas di mana anak dapat tetap merasa senang dan dapat menerima pengawasan yang cukup dari instruktur. Jika anak memiliki kondisi medis atau kebutuhan khusus, pastikan untuk mengingatkan instruktur dan memastikan tentang kemampuanya untuk dapat melatih anak Anda dengan baik.

(Detikcom/nad)

lowongan kerja, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Kasus Klaten Mengingat Pejabat Pengingkar Amanat

Gagasan┬áSolopos ini telah terbit di HU Solopos Edisi Rabu (4/1/2017). Buah gagasan Muhammad Milkhan, pengurus cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Klaten yang beralamat email di┬ámilkopolo@rocketmail.com. Solopos.com, SOLO —┬áPredikat laknat memang pantas disematkan kepada para pejabat yang mengingkari amanat. Para pejabat…