Kamis, 28 Juli 2011 - 16:17 WIB

39 kabupaten/kota belum salurkan BOS

Redaksi Solopos.com  /  Aksara Solopos  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Meski dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan kedua 2011 sudah ditransfer pemerintah pusat ke daerah, ada 39 kabupaten dan kota belum juga menyalurkannya ke sekolah-sekolah. Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh lantas menuding mereka tak berkomitmen terhadap kesejahteraan rakyatnya sendiri.

Nuh usai rapat Komite Pendidikan di Kantor Wakil Presiden, Kamis (28/7) mengatakan, total dana yang belum tersalur sekitar Rp 300 miliar atau 7,5 persen dari Rp 4 triliun yang dikucurkan pusat ke daerah tiap triwulan. Menurut Nuh, salah satu alasan yang diajukan pemerintah daerah, adalah menunggu laporan dari sekolah penerima BOS. Padahal tidak ada keharusan tersebut dalam peraturan.

Advertisement

Nuh mengaku khawatir, seretnya penyaluran dana itu akan berakibat buruk bagi sekolah. Sebab sekitar 60-70 persen uang BOS diperuntukkan bagi operasional sekolah sehari-hari. Seperti diberitakan, dana BOS mulai tahun ini, disalurkan melalui rekening Pemerintah Kabupaten/Kota. Sedangkan tahun lalu, dana BOS langsung dikirim dari pemerintah pusat ke rekening sekolah. [tempo/dev]

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif