Logo Muhammadiyah Logo Muhammadiyah
Rabu, 27 Juli 2011 17:58 WIB Sragen Share :

RS PKU Muhammadiyah bakal didirikan di Gemolong

Sragen (Solopos.com) – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Gemolong berupaya mendirikan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah di kecamatan setempat. Hal tersebut merupakan tindaklanjut pertemuan antara PCM dengan Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, beberapa waktu lalu.

Ketua PCM Gemolong, Nurul Hadi, mengatakan saat Musyawarah Cabang (Muscab) PCM, Bupati yang notabene kader Muhammadiyah itu mendukung penuh rencana pembangunan RS tersebut. Saat ini, pihaknya mengaku sudah mempunyai bidikan lokasi untuk pendirian RS itu. “Lokasinya ada di sekitar SMA Muhammadiyah Gemolong. Beberapa waktu lalu kami sudah melakukan pembebasan tanah. Luas tanah yang sudah tersedia kurang lebih 5000 meter persegi,” ujarnya kepada Espos seusai pelantikan pengurus PCM Gemolong periode 2010-2015 di aula SMA Muhammadiyah Gemolong, Rabu (27/7/2011).

Saat ini, pihaknya sedang merampungkan proposal konsep untuk selanjutnya dikirim ke Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sragen. PCM Gemolong, imbuhnya, optimistis rencana itu bisa segera terealisasi. “Kami sudah mulai melakukan penggalangan dana. Sebelum saya lengser, Insyaallah RS sudah berdiri, walaupun hanya kecil-kecilan dulu. RS ini adalah bentuk pengabdian kami pada masyarakat,” katanya.

Ketua Majelis Kader PDM Sragen, Sururi, siap menyokong rencana pendirian RS tersebut. Ia mengungkapkan, di samping Gemolong, RS PKU Muhammadiyah kini juga sedang dirintis di Masaran. “Masih dalam tahap pembicaraan-pembicaraan. Yang jelas, dua wilayah itu kami pandang strategis untuk memberikan akses kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, kepengurusan PCM Gemolong periode 2010-2015 kembali dipimpin Nurul Hadi, ketua PCM periode sebelumnya. Di samping pelantikan pengurus PCM, dilantik pula pengurus Pimpinan Cabang Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah serta pimpinan ranting Muhammadiyah se-Kecamatan Gemolong.

m99

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pendidikan yang Memerdekakan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (21/8/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo. Alamat e-mail penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memasuki umur 72 tahun kemerdekaan…