News
Rabu, 27 Juli 2011 - 13:12 WIB

Ratusan prajurit Yonif 406 ditugaskan ke Maluku

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang (Solopos.com)–Sebanyak 488 prajurit Batalyon Infanteri 406/Chandra Kusuma diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (27/7/2011), untuk bertugas menjaga keamanan serta mencegah konflik horizontal di daerah Maluku.

Upacara pelepasan ratusan prajurit yang diberangkatkan dengan menggunakan KRI Teluk Lampung 540 tersebut dipimpin langsung Kepala Staf Komando Daerah Militer IV/Diponegoro Brigadir Jenderal TNI Nugroho Widyotomo.

Advertisement

Dalam amanat yang dibacakan Kasdam, Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Langgeng Sulistiyono berpesan kepada seluruh prajurit yang diberangkatkan ke Maluku, untuk selalu menunjukkan sikap dan tindakan serta kemampuan terbaik dalam melaksanakan tugas yang diemban.

“Keberhasilan dalam setiap pelaksanaan tugas menjadi parameter bagi profesionalitas para prajurit Yonif 406/Chandra Kusuma,” katanya.

Pangdam meminta para prajurit yang akan bertugas di Maluku dapat membantu pemerintah daerah dan Polri dalam rangka memulihkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat serta melakukan kegiatan-kegiatan pemulihan serta mencegah konflik antarkelompok masyarakat.

Advertisement

“Selain mencegah, prajurit harus dapat mendamaikan masyarakat yang akan atau sedang bertikai sehingga tercipta situasi aman dan kondusif di Maluku,” ujarnya.

Ditemui usai upacara pelepasan ratusan prajurit Yonif 406/Chandra Kusuma ke Maluku yang dipimpin Komandan Batalyon Letkol Infanteri Agustinus Sinaga, Kasdam menambahkan dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif, para prajurit perlu memperbanyak dialog dan komunikasi dengan semua komponen masyarakat setempat.

“Prajurit harus memahami kebudayaan, kepercayaan, dan kearifan lokal pada masyarakat di daerah penugasan serta mengedepankan komunikasi,” lanjutya.

Advertisement

Ia menuturkan pemberangkatan ratusan prajurit Yonif 406/Chandra Kusuma ke Maluku sudah diatur sesuai jadwal di Mabes TNI terkait dengan rotasi atau perputaran rutin tugas dalam menjaga keamanan di sejumlah daerah rawan konflik.

Suasana haru terlihat saat masing-masing keluarga melepas satu persatu prajurit Yonif 406/Chandra Kusuma yang akan bertugas di Maluku menaiki KRI Teluk Lampung 540 yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

(Antara/nad)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif