PKMM Pimnas XXIV (SOLOPOS/Nadhiroh)
Senin, 25 Juli 2011 14:26 WIB Pendidikan Share :

UMS juara 8 Nasional di Pimnas XXIV

PKMM Pimnas XXIV (SOLOPOS/Nadhiroh)

Sukoharjo (Solopos.com)–Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menjadi juara 8 Nasional pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIV yang berlangsung di Makasar, Senin-Jumat(18-22/7/2011).

Pada ajang tersebut, UMS mengirimkan tiga tim yang terdiri atas sembilan orang mahasiswa. Tim yang berhasil meraih medali emas adalah tim dari Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat yaitu Qori Pratiwi, Nasrudin Purwonugroho dan Bherta Eka Andryani dengan pembimbing Dwi Linna Suswardany MPH.

Qori sebagai Ketua tim menyampaikan judul Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian pada Masyarakat (PKMM) yang diikutkan dalam Pimnas XXIV adalah Pelatihan Keterampilan Perawatan Diri pada Penderita Kusta dan Keluarganya di Wilayah Kerja Puskesmas Padas Ngawi Jawa Timur.

“Penelitian yang kami lakukan berawal dari penelitian kakak tingkat tentang rendahnya merawat diri pada penderita kusta. Di Padas, banyak yang sakit kusta, satu rumah bisa empat orang tapi pengetahuan mereka tentang perawatan kusta masih minim. Setelah kami melakukan pendampingan sejak Februari sampai Mei, sedikit demi sedikit keluarga penderita kusta mulai mengetahui cara merawat penderita kusta,” papar Qori pada jumpa pers di Ruang Rektorat UMS, Senin (25/7/2011)

Rektor UMS, Prof Dr Bambang Setiadji menyatakan terima kasih kepada peserta Pimnas yang telah ikut mengharumkan nama UMS. Bambang menuturkan penelitian dan pengabdian mahasiswa UMS peserta Pimnas bermanfaat dari sisi kemanusiaan yaitu untuk penderita kusta, penyandang tuna netra dan remaja.

“Untuk yang juara, peserta akan dibebaskan SPP selama empat semester sedangkan yang belum meraih juara, UMS tetap akan memberikan perhatian. Pemerintah harus tingkatkan insentif untuk research untuk pengabdian maupun kewirausahaan. Memang sudah digarap tapi perlu digarap lebih baik,” kata Bambang.

Daftar peringkat 10 besar Pimnas 2011

1. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
3. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
5. Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang
6. Universitas Airlangga (Unair) Surabaya
7. STIE Malang
8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
9. Institut Teknologi Bandung (ITB)
10. Universitas Padjajaran (Unpad)

(nad)

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…