Senin, 25 Juli 2011 20:00 WIB Tak Berkategori Share :

Jumlah penumpang mudik tahun ini alami penyusutan

Jakarta [SPFM], Meski tiket kereta api untuk mudik lebaran telah ludes terjual, jumlah penumpang mudik lebaran tahun ini diperkirakan menyusut dibanding tahun lalu. Sehingga jumlah rangkaian kereta api yang disiapkan juga tidak sebanyak sebelumnya.

Menurut Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Senin (25/7), untuk rangkaian kereta api yang sebelumnya ada 226, tahun ini menjadi 215. Pengurangan jumlah rangkaian kereta api ini didasarkan pada jumlah penumpang yang diperkirakan berkurang, yaitu dari sekitar 3 juta orang pada tahun lalu menjadi sekitar 2,9 juta orang atau diperkirakan turun sekitar 5,32 persen.

Sementara itu, armada bus umum yang disiapkan untuk mudik lebaran tahun ini naik tipis dibandingkan tahun lalu, yakni dari sekitar 34.350 unit bus menjadi 34.690 unit bus di seluruh Indonesia.

Kenaikan tipis juga terjadi pada jumlah kapal penyeberangan sungai, danau, dan penyeberangan. Tahun lalu ada 119 kapal yang disiapkan untuk melayani penumpang mudik dan arus balik lebaran. Sedangkan tahun ini jumlahnya menjadi 123 unit kapal.

Namun, untuk kapal laut dan pesawat udara jumlah yang disiapkan bertambah cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. Untuk kapal penyeberangan antar pulau yang tahun lalu ada 719 unit kapal, tahun ini disiapkan 747 unit kapal. Pesawat terbang juga naik dari 246 unit tahun lalu menjadi 332 unit tahun ini. [dtc/rda]

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…