Lifestyle
Minggu, 24 Juli 2011 - 15:09 WIB

Canape, berjuta kelezatan dalam sekali gigitan

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Burger mini buatan Purimas bakery (JIBI/SOLOPOS/dok)

Kecil bentuknya, habis dalam sekali gigit, namun kaya dalam rasa. Itulah canape yang kerap kali menjadi bagian dari sajian pembuka pada acara cocktail party. Kue yang sengaja dibentuk bite size atau kue satu kali gigit ini biasa dipadukan dengan aneka crackers atau kue kering yang diberi aneka tumpukan daging, ikan ataupun sayuran.

Brownies umbi, single bite khas dari Omah Sinten (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Advertisement
“Canape itu menu simpel, yang lama adalah menyiapkan detailnya. Supaya menarik perhatian tamu,” ungkap Executive Chef The Sunan Hotel Solo, Yoppie Muchtar. Cukup menyantap beberapa kue ukuran mungil ini, tamu-tamu dapat leluasa menikmati suasana pesta nan akrab tanpa harus direpotkan dengan menu makanan komplet mulai dari sajian pembuka hingga penutup. Mereka dapat memilih makanan yang mereka suka tanpa harus menikmati semua hidangan. Yoppie menyebut sajian pada cocktail party ini makin lengkap dengan minuman seperti wine atau minuman lainnya. Untuk pendamping minuman wine, canapeyang disajikan pun bisa menggunakan daging salmon, daging sapi maupun tuna.
“Menyajikannya dengan duck spoon juga oke, mereka tinggal ambil sendoknya serta mencicipi dagingnya.”

Burger mini buatan Purimas Bakery (JIBI/SOLOPOS/dok)

Selain cita rasa asin, capane juga lazim hadir dalam rasa manis dengan aneka variasi. Misalkan saja dalam bentuk kue mungil brownies umbi ungu khas Omah Sinten Boutique Hotel & Heritage, Jl Diponegoro 34/54 Ngarsopuro, Solo. Sajian yang biasa ditampilkan dengan keju, buah ceri merah di atasnya terasa nikmat saat gigitan pertama kue ini lumer di mulut. Menurut General Manager Omah Sinten, Teguh Imam Prasetyo, didampingi Marketing Manager, Brahmantya R, pihaknya akan menyiapkan hidangan bite size sesuai pesanan, bukan ready stock. “Ada beberapa menu yang bisa ditampilkan, tinggal pesan saja,” ungkap Teguh.
Advertisement

Sejumlah bakery di Solo juga menyediakan aneka ragam kue-kue mungil ini di Kota Bengawan. Beberapa toko roti seperti Roti Kecil dan Purimas memiliki kue mungil yang dapat dinikmati dengan harga miring mulai Rp 1.000 hingga Rp 3.000. Jika ingin penampilan kue lebih menarik, tinggal tambah garnish.

Dina Ananti Sawitri Setyani

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif