Sabtu, 23 Juli 2011 - 17:32 WIB

MIM, NII wajah baru yang lebih bahaya

Redaksi Solopos.com  /  Aksara Solopos  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo [SPFM], Wajah baru NII dengan nama Masyarakat Indonesia Membangun MIM dinilai lebih berbahaya dibanding metode yang selama ini digunakan dalam merekrut anggota. Sebab MIM, menggunakan cara yang lebih modern dan militan dengan menyasar organisasi masyarakat, seperti koperasi, lembaga keuangan, hingga yayasan pendidikan. Diungkapkan Mantan pejabat NII 2001-2002 Ken Setiawan di sela Seminar Peran Perguruan Tinggi Agama Islam dalam membentengi pengaruh NII, di STAIN Surakarta Sabtu (23/7), saat ini kepengurusan MIM bahkan sudah mencapai lebih dari 71 ribu orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Ken menjelaskan, MIM yang baru terbentuk bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2011 ini pun sudah berhasil merekrut ratusan ribu anggota. Menurut Ken, akar NII akan terus tumbuh, bahkan jika Panji Gumilang berhasil ditangkap. Sebab, saat ini NII tengah mempersiapkan kandidat pengganti Panji Gumilang yakni, anak Panji Gumilang Imam Prawoto.

Advertisement

Untuk itu, sebagai langkah identifikasi dan rehabilitasi korban NII, pihaknya mendirikan NII Crisis Center, sejak tahun 2006.  Diungkapkannya, pihaknya menerapkan pola yang sama seperti modus merekrut NII, yakni dengan cuci otak pemahaman yang baru dan mengisolasi anak tersebut dari lingkungan sekitar. Namun hal itu, juga perlu didukung peran orang tua korban untuk berlaku tegas terhadap anak yang  teridentifikasi doktrin NII. [SPFM/dev]

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif