Agus Fatchur Rahman (dok Solopos)
Sabtu, 23 Juli 2011 19:19 WIB Sragen Share :

Bupati perintahkan inspektorat selidiki dana UMKM

Agus Fatchur Rahman (dok Solopos)

Sragen (Solopos.com)--Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, menerjunkan Inpektorat untuk menyelidiki kasus dugaan penyalahgunaan wewenang atas dana untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dikelola Badan Layanan Umum (BLU) Mikro Finance.

Bupati juga meminta para pejabat yang memiliki kredit macet di BLU segera mengembalikan secepatnya.“Saya kira pihak BLU maupun Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM sudah menjalankan standar operasional prosedur (SOP) untuk menagih pinjaman itu. Saya mendengar dan melihat sendiri upaya penagihan itu. Tapi memang penagihan itu belum berhasil,” terang Bupati saat dijumpai wartawan seusai meresmikan gedung Akper/Akbid Yappi Sragen, Sabtu (23/7/2011).

Agus mengaku menunggu hasil penyelidikan dan evaluasi Inspektorat untuk menentukan langkah selanjutnya. Dia akan mengirimkan surat penagihan ke rumah-rumah pribadi pejabat yang memiliki kredit macet di BLU, termasuk pejabat DPRD dan LSM yang diduga juga memiliki pinjaman macet. “Para pejabat itu wajib mengembalikan pinjaman. Kalau mereka sulit mengembalikan ya agunannya dieksekusi saja,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Disperinkop dan UMKM Sragen, Djoko Purwanto, mengaku kesulitan mengeksekusi jaminan atas pinjaman di BLU. Menurut dia, langkah eksekusi itu tidak ada dasar hukumnya seperti di aturan perbankan karena sejak awal tidak ada perjanjian sebagaimana pinjaman di perbankan. “Kami kesulitan karena tidak adanya dasar hukum. Pendirian BLU sendiri hanya berpayung Peraturan Bupati (Perbup), belum ada peraturan daerah (Perda),” ungkapnya.

(trh

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…